Tak Boleh Ada Kegiatan yang Luput dari Publikasi

Tak Boleh Ada Kegiatan yang Luput dari Publikasi

Kabanjahe (Inhum). Wakil Kepala Madrasah (WKM) Bidang Humas Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karo Ahmad Yani, M.Kom.I memberikan laporan hasil kegiatan diklat yang diikutinya beberapa hari yang lalu kepada kepala MAN Karo Drs. Hotman Efendi Tanjung, MMPd.

Dia menjelaskan bahwa dirinaya telah mengikuti kegiatan Diklat Teknis Substantif Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas Tingkat Madrasah Aliyah Se-Provinsi Sumatera Utara, yang dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 9 September 2018 di Balai Diklat Keagamaan Medan.

“Alhamdulillah saya telah mengikuti kegiatan diklat teknis substantive WKM bidang humas tingkat Madrasah Aliyah Se-Sumatera Utara dari tanggal 3 s/d 9 September 2018 di Balai Diklat Keagamaan Medan.”

“Banyak ilmu dan pengetahuan yang saya peroleh dalam diklat tersebut khususnya dalam pengembangan kegiatan kehumasan di madrasah. Mulai dari materi yang disampaikan oleh Widyaiswara hingga masukan-masukan dan pengalaman dari paserta diklat yang merupakan WKM Humas Tingkat madrasah aliyah. Beberapa hal pokok yang menjadi tugas kehumasan adalah membangun image madrasah dan mempublikasikan setiap kegiatan dan prestasi di madrasah. Tentunya kegiatan publikasi ini menyangkut hal-hal yang diangggap informasi kecil hingga hal yang dianggap sebuah informasi yang besar.” Jelasnya.

“Boleh jadi informasi yang kita anggap kecil tentang madrasah menjadi informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu juga tugas kehumasan yang tak dapat dikesampingkan adalah bagaimana memberikan layanan yang prima kepada masyarakat sehingga kebutuhan dan keperluan baik peserta didik, orangtua, guru dan pegawai madrasah dapat merasa puas terhadap pelayanan di marasah,” tambahnya.

“Satu hal yang penting untuk dipahami oleh seorang humas adalah ia harus mampu untuk terus berkordinasi dengan para WKM dalam setiap perencanaan kegiatan. Sehingga ia harus memastikan tidak ada kegiatan yang tak terliput untuk dipubilkasikan kepada intern madrasah maupun ektern madrasah. Alhamdulillah dengan adanya portal kementerian agama Sumatera Utara setiap kegiatan dapat dipublikasikan baik di dalam maupun ke luar madrasah,” tutupnya.

Dalam waktu dekat Ahmad akan mengerjakan tugas dari BDK Medan yaitu kegiatan Rencana Tindak Lanjut, yang merupakan tugas yang harus diselesaikan dari kegiatan diklat yang telah diikuti sebagai syarat menerima sertifikat kegiatan.

Diakhir pertemuan dia menyerahkan surat pengembalian peserta dari Balai Diklat Keagamaan Medan kepada Kepala MAN Karo Drs. Hotman Efendi Tanjung, MMPd.

Hotman menerima dengan baik laporan yang disampaikan oleh Ahmad dan berpesan agar  dapat mengaplikasikan hasil dari kegiatan diklat yang telah diikuti. (ays)

10 DIBACA

Disiplin dan Kebersihan Lingkungan Kantor Mendukung Kenyamanan Kerja

Kemenag Dairi Laksanakan Bimbingan Manasik Haji

Gubsu Minta Pelayanan Haji Tahun Ini Lebih Baik

Medan Kloter Pertama

Gubsu Lantik PPIH Embarkasi Medan Tahun 1438 H