Jumat,2017-07-14,16:16:56

Tingkat Kebersamaan Umat Beragama Sumut Cermin Miniatur Indonesia

Tingkat Kebersamaan Umat Beragama Sumut Cermin Miniatur Indonesia

Medan (Inhum). Tingkat kebersamaan masyarakat Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari multi etnis, agama dan budaya mencerminkan miniatur Indonesia yang dapat menjadi contoh bagi Provinsi lain.

Demikian disampaikan Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ali Taher saat berkunjung bersama Anggota Komisi VIII DPR RI ke Provinsi Sumatera Utara dalam rangka kunjungan spesifik memantau peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumatera Utara dalam pencegahan radikal di Aula Kanwil Kemenag Sumut, Jumat 14 Juli 2017.

Ketua Komisi VIII DPR RI mengapresiasi keseriusan FKUB yang bergerak cepat dalam menangani konflik sosial dan tidak mengedepankan substansi keagamaan tetapi masuk dalam wilayah hubungan sosial (kearifan lokal) dalam menangani konflik.

Ali Taher melihat konflik keagamaan tidak terlalu muncul di Provinsi Sumatera Utara, yang muncul lebih kepada konflik kultural dan konflik politik yang diangkat menjadi isu agama.

Ketua Komisi VIII DPR Ri juga mengapresiasi koordinasi yang baik antara FKUB Sumut, Pemerintah Daerah dan Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara dalam menangani konflik sehingga kendala-kendala yang terkait dengan permasalahan umat beragama dapat diminimalisir dalam waktu yang singkat melalui visi misi kebersamaan.

“Kedepan Komisi VIII DPR RI akan memberi dukungan kepada FKUB  dalam penguatan kelembangaan dan penguatan anggaran untuk mencegah terjadinya konflik antar umat beragama khusunya di Provinsi Sumatera Utara,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Tohar Bayoangin mengucapkan selamat datang kepada Anggota Komisi VII DPR RI dan menyampaikan kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Sumatera Utara yang sampai saat ini masih kondusif.

Acara tersebut juga dihadiri pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut dan Pengurus FKUB Sumut serta undangan lainnya.

 

128 DIBACA
Jumat,2017-07-14,15:05:02

Kakankemenag Buka Kegiatan MATSAMA di MTsN Binjai

Jumat,2017-07-14,11:51:24

MATSAMA Sebagai Jembatan Mengenal Lingkungan Madrasah

Jumat,2017-07-14,11:16:17

Keluarga Besar Kemenag Asahan Adakan Tepung Tawar Haji

Jumat,2017-07-14,09:08:28

ASN Kemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara Peringatan HANI Tahun 2017

Jumat,2017-07-14,09:06:00

Hari Kedua Matsama, Apel Pagi Jilid Pertama


0 Komentar :