Permainan Menggunakan Kerajinan dari Limbah Organik

Permainan Menggunakan Kerajinan dari Limbah Organik

Kabanjahe (Inhum). Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Karo melakukan pembelajaran prakarya dengan materi kerajinan dari limbah organik yang difungsikan sebagai mainan tradisional, Kamis, 11 Oktober 2018.

Laila Mawaddah, S.Si selaku guru Prakarya membagi siswa-siswi kelas IX-5 menjadi sembilan kelompok, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang. Selain membagi kelompok, Laila juga menjelaskan alat dan bahan, dan tata cara permainan ini.

Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan ini adalah tempurung kelapa, tali, paku seng, dan kertas pasir. Pembuatannya dilakukan dirumah masing-masing kelompok, disekolah hanya akan diadakan permainan.

Laila menjelaskan kepada seluruh siswa cara pembuatan kerajinan ini, pertama permukaan tempurung dibersihkan dan dihaluskan dengan menggunakan kertas pasir. Selanjutnya pada bagian permukaan atas tempurung kelapa diberi lubang, kemudian tali dimasukkan ke dalam luibang dan disimpul menggunakan paku seng pada bagian dalam tempurung.

Permainan dilakukan secara berkelompok, dengan tiga kali permainan dan dilakukan oleh setiap perwakilan kelompok. Permainan pertama dilakukan untuk menentukan juara I, II dan III. Permainan kedua menentukan juara IV, V, dan VI dan permainan ketiga menentukan juara VII, VIII dan IX.

Pada permainan ini, kelompok 4 berhasil menjadi juara I, disusul kelompok 6 sebagai juara II dan kelompok 5 sebagai juara III.

Nurul Zikri Ramadahan menjelaskan sangat senang dengan adanya pembelajaran ini, karena mengingatkan kembali dengan permainan tradisional yang hampir hilang dalam kehidupan. Selain itu pembelajaran seperti ini dapat menjadikan pembelajaran menjadi santai. Dan hal yang tersulit ketika harus lari menggunakan tempurung kelapa.

16 DIBACA

Kemenag Dairi Laksanakan Pemilihan Pengurus KKG dan MGMP PAK Periode 2017-2021

Tingkat Kebersamaan Umat Beragama Sumut Cermin Miniatur Indonesia

Kakankemenag Buka Kegiatan MATSAMA di MTsN Binjai

MATSAMA Sebagai Jembatan Mengenal Lingkungan Madrasah

Keluarga Besar Kemenag Asahan Adakan Tepung Tawar Haji