Masuki Tiap Kelas, Kakankemenag Uji Hafalan Siswa

Masuki Tiap Kelas, Kakankemenag Uji Hafalan Siswa Kakankemenag Kab. Tapanuli Tengah Dr.H.Sarmadan Nur Siregar, M.Pd saat menguji hafalan siswa

Barus (Inhum). Dalam kunjungannya Kakankemenag Kabupaten Tapanuli Tengah Dr. H. Sarmadan Nur Siregar, M.Pd memasuki tiap ruang kelas MTsN 1 Tapanuli Tengah memberikan pemahaman tentang 9 budaya madrasah yang harus diamalkan oleh seluruh keluarga madrasah. Salah satu pemahaman ini dilakukan dengan uji hafalan surat-surat pendek yang dikuasai oleh siswa/I dalam konteks budaya madrasah gemar membaca Alquran dan mengamalkannya, Kamis 08 November 2018.

Satu persatu siswa disuruh melanjutkan ayat dari surat yang dihafalkan kakankemenag tersebut. Dia menanyakan surat-surat yang ada dalam juz 30 yang memiliki jumlah ayat yang terpanjang diantara yang ada. Selain itu juga ada beberapa potongan surat yang lagi booming seperti surat Arrahman. Potongan surat dihafalkan tak menentu, terkadang diambil dari ayat yang ada di awal, pertengahan dan juga diakhir. Siswa harus mampu melanjutkannya.

Menurut beliau belajar di madrasah itu bukan hanya dari pengetahuan yang ada dalam buku pelajaran. Dia meyakinkan bahwa setiap memasuki mata pelajaran baru, muallim/ah yang memasuki kelas wajib melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan dirinya sebagai ciri khas belajar di madrasah.

“Segala sesuatu harus dimulai dengan bacaan ayat-ayat Alquran agar hidup ini memperoleh cahaya dan keberkahan dan kita tidak bisa terlepas dari Alquran dan Hadist,” ucapnya di depan siswa/I yang diuji.

Selain itu dia juga menanyakan beberapa materi yang sedang dipelajari. Seperti salah satu ruang kelas yang sedang belajar mata pelajaran bahasa arab. Dia menanyakan kata benda atau kata sifat dalam bahasa arab. Ada juga motivasi perasaan yang dialami siswa hari itu apakah sedang bahagia atau bersedih dan lainnya tentang syariah, akidah, dan muamalah.

Diakhir kunjungan, Sarmadan berpesan kepada siswa/I agar lebih meningkatkan kemampuannya dalam hafalan Alqurannya. Dia berjanji akan datang kembali ke MTsN 1 Tapanuli Tengah dan menguji dengan bahan yang lebih tinggi lagi.

Ucapan terima kasih juga diucapkan kepada Kepala MTsN 1 Tapanuli Tengah atas motivasinya dalam memimpin madrasah lebih baik dan juga atas kepuasan dirinya dalam menguji anak-anak yang menjawab dengan benar apa yang diujikan. (Hi)

 

5 DIBACA

Kemenag Labuhanbatu Beri Ulos Tondi Untuk Petugas TPIHI

Kakankemenag Tapsel Resmi Buka Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Kakankemenag Tatap Muka Langsung Dengan Siswa Baru MTsN Kisaran

Rapatkan Barisan, Kuatkan Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran

Rapat Persiapan Pelaksanaan Manasik Haji Kabupaten Samosir