Kemenag Medan Gelar Manasik Haji Akbar 1438 H/ 2017

Kemenag Medan Gelar Manasik Haji Akbar 1438 H/ 2017

Medan (Inhum). Kasi Penyelenggara Haji Kemenag Medan, Ahmad Qosby Nasution, menyampaikan bahwa penyelenggaraan ibadah haji yang terpenting adalah kesehatan fisik dan kemandirian jamaah dalam melaksanakan rangkaian rukun haji selama ditanah suci. Hal ini disampaikan Qosby saat memberikan laporan selaku panitia pada acara Manasik Haji Akbar Medan 1438H/2017M  yang dilaksanakan digedung Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Kamis 20 Juli 2017.

Manasik haji tersebut diikuti sebanyak 2.383 orang dan mutasi yang masuk ke Kota Medan berjumlah 130 orang. Acara digelar dengan dua sesi, karena  ruang dan tempat yang ada tidak dapat menampung seluruh jamaah kota Medan. sesi pertama 1500 pagi sampai siang dan sesi kedua 1500 siang sampai sore.

Pemerintah melalui Kementerian Agama selalu berupaya agar penyelenggaraan haji tahun ini jauh lebih baik dari pada tahun lalu, kita juga telah menyiapkan petugas TPIH dan TPHD untuk membantu para jamaah, ujar Qosby.

Tujuan manasik haji ini adalah pemantapan bimbingan manasik haji, meningkatkan ilmu pengetahuan tentang perhajian untuk terwujudnya haji yang mabrur dan mandiri. Cara di gelar (2 hari) 20 s/d 21 Juli di Asrama Haji Medan.

Plt Kakan Kemenag Negara mengatakan dalam sambutannya, bahwa jaga nama baik jamaah asal Sumatera Utara yang terkenal tertib dan ramah. Beliau juga mengatakan manasik haji di sini merupakan penutup dari manasik haji yang telah dilaksanakan di tiap-tiap Kecamatan sebelumnya.

Ada tiga hak yang jamaah yang harus di berikan pemerintah yaitu hak mendapatkan pembinaan, hak mendapatkan pelayanan dan hak mendapatkan perlindungan. Salah satunya pembinaan jamaah dalam pemantapan ibadah haji mandiri seperti ini, kata Pohan.

Hadir dalam kesempatan ini hadir Kabid Haji Kanwil Kemenag Sumut Muslim, Pemko Medan diwakili Kabag Agama Pemko Medan Ilyas Halim, Ketua Forum KBIH Sangkot Saragih, Para Pimpinan KBIH se Kota Medan, penceramah yang akan menyampaikan materi perhajian serta ribuan jamah haji Kota Medan. (hsh)

303 DIBACA

Kakankemenag Pakpak Bharat Hadiri Rakor Kepala KUA

Kakankemenag Labura Hadiri Rapat Workshop Penilaian Kabupaten Peduli HAM

Siswa yang Masuk Kelas Unggulan Tidak Hanya Diuji Dalam Sekali Tes

Kepala MTsN Aek Natas Lantik 252 Peserta Didik Baru

Seksi Bimas Islam Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Monitoring ke KUA Kecamatan