Kakanwil Kemenagsu Kunjungan Silaturrahmi ke MUI Sumut

Kakanwil Kemenagsu Kunjungan Silaturrahmi ke MUI Sumut

Medan (Inhum). Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kakanwil kemenagsu) H. Iwan Zulhami, SH, MAP mengadakan kunjungan silaturrahmi ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara, Selasa 4 Desember 2018.

Kakanwil Kemenagsu didampingi oleh Kabid Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf H. Abdul Manan, MA, Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Drs.H. Burhanuddin Damanik, MA dan Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Drs.H. Muslim, MM.

Kedatanngan Kakanwil Kemenag Sumut dan rombongan disambut langsung oleh Ketua Umum MUI Sumut Prof. Dr. H. Abdullah Syah, MA beserta beberapa pengurus MUI Sumut lainnya.

Kakanwil Kemenagsu Iwan Zulhami dalam sambutannya mengatakan bahwa maksud kunjungan silaturrahmi ini  merupakan kunjungan awal tugas sebagai Kepala Kanwil Kemenag Sumut yang baru. Selain bersilaturrahmi, Kakanwil Kemenag Sumut juga mohon bimbingan dan masukan dari para ulama untuk membangun umat beragama Sumatera Utara yang Hebat Bermartabat.

Iwan Zulhami juga menyampaikan bahwa saat ini Kanwil Kemenagsu sedang menggalakkan program pembinaan Dai di daerah perbatasan, oleh karenanya diharapkan Kanwil Kemenagsu dan MUI Sumut dapat menjalin kerjasama untuk dapat mensukseskan program ini. “Untuk teknis pelaksanaannya akan diatur kemudian,” ungkapnya.

Kakanwil Kemenagsu mengatakan, kedepan kita akan mengundang instansi terkait di daerah perbatasan, seperti Kakanwil Kemenag Aceh dan Kakanwil Kemenag Sumatera Barat yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara untuk membuat nota kesepahaman tentang Pembinaan Dai di daerah perbatasan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua MUI Sumut Prof. Dr. H. Abdullah Syah, MA menyambut baik program-program Kanwil Kemenagsu dan sangat mengapresiasi atas kunjungan yang dilakukan Kakanwil Kemenag Sumut yang baru beserta rombongan.

Ketua MUI Sumut juga mengharapkan agar Kementerian Agama Sumatera Utara lebih meningkatkan kegiatan keagamaan di masyarakat khususnya di daerah terpencil dan daerah perbatasan.

“Penyuluh agama harus lebih diaktifkan lagi perannya di tengah masyarakat. Fungsikan penyuluh agama yang ada dikecamatan, penyuluh agama dapat melaksanakan dakwah secara bergilir, agar keberadaan Kementerian Agama benar-benar di rasakan masyarakat,” ungkapnya.

Ketua MUI Sumut juga mengharapkan agar kunjungan seperti ini bisa dilakukan dengan rutin, kalau perlu diagendakan dua minggu sekali agar hubungan kerjasama antara Kanwil Kemenagsu dan MUI SUmut dapat terjalin dengan baik.

 

128 DIBACA

PMR Unit 011 MANDALA Gelar Latihan Rutin

Kakankemenag Taput Audensi Dengan Kapolres dan Kajari Tapanuli Utara

Kakankemenag Audensi dengan Kapolres dan Kajari Tapanuli Utara

Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas di MTsN Siantar

2.513 Jamaah Ikuti Manasik Haji Akbar Kemenag Medan