Pengelolaan dan Pelaporan Administrasi NR Harus Tertib dan Akuntabel

Pengelolaan dan Pelaporan Administrasi NR Harus Tertib dan Akuntabel

Medan (Inhum). Kanwil Kementerian Agama Provinsi sumatera Utara melalui Bidang Urusan Agama Islam (Urais) dan Pembinaan Syariah (Binsyar) melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pengelolaan dan Pelaporan Administrasi Nikah Rujuk (NR) yang dilaksanakan di Hotel Grand Jamee Medan tanggal 6 s.d. 8 Desember 2018.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Urais dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Sumut Drs.H. Dahman Hasibuan, MA didampingi Kasi Kepenghuluan H. Arifin, S.Ag, Kasi Pemberdayaan KUA H. Ansor Pohan, SH, MAP dan kasi Produk Halal, Pembinaan Syariah dan Sistem Informasi Urais H.Abd. Rahman, S.Ag.

Kabid Urais dan Binsyar dalam sambutannya mengatakan, pengelolaan dan pelaporan administrasi NR di Kantor Urusan Agama (KUA) harus dilakukan dengan tertib dan akuntabel.

Dahman Hasibuan menyampaikan, pengelolaan dan pelaporan administrasi di Kantor Urusan Agama dapat dilakukan dengan 3 tertib, diantaranya tertib administrasi, terkait surat menyurat, dokumentasi statistik dan kearsipan, kemudian tertib administrasi keuangan meliputi pembukuan keuangan, pelaporan dan kepatuhan terhadap peraturan tarif dan biaya.

“Tertib yang ketiga adalah tertib administrasi pencatatan nikah rujuk, yaitu dengan melakukan pencatatan sesuai ketentuan Undang – Undang dan peraturan yang berlaku," ungkapnya.

Kabid Urais dan Binsyar juga mengimbau agar Kantor Urusan Agama  senantiasa meningkatan pelayanan kepada masyarakat.” Kepala KUA/Penghulu harus tanggap dan mengetahui informasi terbaru khususnya di bidang perkawinan, jangan sampai Kepala KUA/Penghulu ketinggalan informasi dibandingkan dengan masyarakat,” ungkapnya.

Acara tersebut diikuti 78 peserta terdiri dari, Kasi Bimas Islam, Kepala KUA dan Operator Bimas Islam Kemenag Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.

84 DIBACA

Berlatihlah dengan Serius dan Semangat Namun Tetap Beribadan dan Berprestasi

Kepala MAN Kabanjahe Hadiri Acara Tepung Tawar Calon Jamaah Haji

Proxy War Mengancam Keutuhan Bangsa dan Kerukunan Umat Beragama

Keluarga Besar MAN Gunungsitoli Gelar Perlombaan Perayaan Idul Fitri 1438 H

Kakanwil Kemenagsu Resmikan Ruang Kelas Pusaka MTsN 2 Rantauprapat