Pramuka Sebagai Cara Pengembangan Karakter Pendidikan Siswa

Pramuka Sebagai Cara Pengembangan Karakter Pendidikan Siswa Foto Saat Kegiatan Extrakurikuler Pramuka

Simalungun (Inhum). Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka menjadi wajib di sekolah tingkat MI, MTs dan MA. Termasuk di lingkungan MTs Negeri Bandar para siswa/i diwajibkan mengikuti kegiatan Eskul Pramuka.

Menurut Manda Sugiharto selaku Pembina Pramuka di MTs Negeri Bandar pada hari Sabtu tanggal 29 Juli 2017 mengatakan kegiatan ini tidak sekedar mencerdaskan dan meningkatkan pengetahuan para siswa/i, tetapi melatih para siswa/i mempunyai sikap dan karakter yang baik sesuai budaya bangsa di Indonesia. Mengingat kegiatan Pramuka sangat identik dengan kegiatan yang membutuhkan semangat gotong royong, kerja sama, solidaritas, kemandirian, kedisiplinan, kerja keras dan profesional. Sehingga, upaya mengantisipasi pengaruh negatif, perlu ada kegiatan yang menguatkan karakter.

Kepala Madrasah MTs Negeri Bandar DMudakir mengatakan Pramuka dan pendidikan karakter merupakan satu kesatuan yang melekat. Di sini siswa diuji kemandirian, keuletan, ketangguhan dan kemapanan karakternya. Sebab karakter mengacu kepada kualitas positif yang secara konstan dimiliki seorang individu. Dengan demikian diharapkan siswa mampu menunjukkan perilaku positif tertentu secara konsisten dan terus menerus. Maka bila dilaksanakan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib akan membentuk karakter siswa yang diharapkan sesuai visi misi sekolah dan tujuan Pendidikan Nasional.

"Ekstrakurikuler Pramuka salah satu tujuannya pembentukan karakter menjadi nyata. Siswa akan semakin tahu jati dirinya, bersosialisasi, dan berempati kepada sesamanya, serta mengimplementasikan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka yang sesungguhnya. Maka Pramuka yang identik dengan kegiatan lapangan wajib dijaga dan dikuatkan dalam program sekolah, tidak sekadar main-main," katanya. (ha)

241 DIBACA

Tim Pengawas Madrasah Kemenag Simalungun Memberikan Bimbingan di MTsN Bandar

Kakankemenag Tapsel Monitoring Pelaksanaan MTQ

Siswa MAN 2 Tanjung Pura Masuk Ke Final Duta Remaja Genre

MAN 2 Tanjung Pura Gelar Pemilihan Pengurus Baru Komite Sekolah

Tim Majalah Tempo Jakarta Kunjungi MAN 2 Tanjung Pura