Kamis,2017-08-10,15:35:21

MAN 3 Medan Gelar Pemilihan Pengurus OSIS

MAN 3 Medan Gelar Pemilihan Pengurus OSIS

Medan (Inhum). Kamis 10 Agustus 2017 MAN 3 Medan menggelar pemilihan ketua dan sekretaris OSIS yang baru, berhubungan dengan akan berakhirnya masa kerja anggota OSIS yang lama. Adapun 4 calon kandidat ketua dan sekretaris OSIS diantaranya 1. Niko Aryanda – Zulfa Luthfiyahtunnisa, 2. Afif Hamza – Agil Miranti, 3. Ahmad Fadhlan – Tamita Fatwana Yuna 4. Alfi Randi Ramadhan – Nur Nabila. Sebelum melakukan pemilihan setiap calon kandidat ketua dan sekretaris OSIS wajib memberikan Visi dan Misi di hadapan seluruh staf pegawai, guru, dan siswa MAN 3 Medan.

Selanjutnya setiap pemilih diberikan selembar kertas suara yang diberi nomor sesuai dengan nomor urut yang dimiliki oleh masing-masing calon. Pemilih memberikan hak suara dengan cara mencontreng salah satu nomor sesuai dengan nomor urut calon ketua dan sekretaris OSIS yang dipilihnya, dan setelah itu surat suara yang telah dicontreng dimasukan ke dalam kotak suara. Dan setiap pemilih yang sudah selesai memberikan suaranya wajib mencelupkan jarinya kedalam wadah yang berisi tinta berwarna biru untuk menghindari kecurangan.

Menurut pandangan dari ketua OSIS Muhammad Arifin, sistem pemilihan ini memang sudah seharusnya dibuat di setiap sekolah Madrasah, karena sekolah diharapkan menjadi pusat pembelajaran demokrasi untuk penerapan seperti Pemilihan Umum yang selama ini dilakukan di Tanah. Selain itu juga sebagai media pembelajaran yang bermanfaat kelak bagi siswa MAN 3 Medan kedepannya.

WKM Kesiswaan Muhammad Rasyid Ridho mengatakan pelaksanaan pemilihan ketua dan sekretaris OSIS MAN 3 Medan dengan menggunakan sistem pemilu ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi secara langsung bagi seluruh siswa. Sehingga kedepanya saat menghadapi Pemilu para siswa tidak canggung lagi, karena telah memiliki pengalaman pada saat di sekolah. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan menanamkan sikap jujur dan sportif bagi setiap siswa.

Kepala MAN 3 Medan Muhammad Asrul diwakili WKM humas Hamida Siregar menyampaikan sistem yang digunakan dalam pemilihan ketua dan sekretaris OSIS mengikuti sistem yang biasa digunakan oleh KPU dalam pemilihan umum. Hal ini segaja diterapkan sebagai pengajaran demokrasi kepada siswa MAN 3 medan secara langsung, berhubung siswa kita belum bisa mengikuti demokrasi yang sesungguhnya yang diadakan oleh pemerintah.

Dia mengatakan, bagi kandidat yang bersaing diharapkan dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan yang dilaksanakan. Selain itu Ketua dan sekretaris OSIS yang nantinya terpilih diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh yang baik bagi temannya.

108 DIBACA
Kamis,2017-08-10,13:38:24

30 Orang Peserta Ikuti Seleksi Tilawatil Quran Tingkat Kemenag Dairi

Kamis,2017-08-10,13:36:35

Operator SIMAK-BMN Tidak Hanya Mendata Tetapi Juga Menata

Kamis,2017-08-10,13:12:42

MAN Kualuh Hulu Persiapkan Diri Menuju Adiwiyata Nasional 2017

Kamis,2017-08-10,12:55:06

Pramuka MTsN Meranti Laksanakan Latihan Mingguan

Kamis,2017-08-10,12:54:28

Kemenag dan Satlantas Polres Simalungun Teken MoU


0 Komentar :