Jumat,2017-08-11,11:26:49

Belajar Origami Online, Menyenangkan, Membuat Semuanya Lebih Paham

Belajar Origami Online, Menyenangkan, Membuat Semuanya Lebih Paham Siswa Kelas XI IIS 3 belajar Origami dengan pemanfaatan media online

Sibolga (Inhum). Ada banyak cara untuk membuat siswa lebih paham tentang sebuah pekerjaan atau pembelajaran, ada banyak ragam upaya yang dapat diupayakan agar siswa lebih dapat menangkap makna penting dari setiap tahapan kegiatan pembelajaran, salahsatu yang paling layak untuk dipilih adalah dengan memanfaatkan media online, semacam twiter, FB, atau juga youtube.

Seperti yang ditunjukkan guru BP MAN Sibolga Hepsi Herawati H Tanjung terhadap siswa Kelas XI IIS 3 dalam kegiatan tambahan pembuatan origami Kamis, 10 Agustus 2017. Kepada Inhum Hepsi Herawati H Tanjung mengatakan, memilih pemanfaatan media online cukup menjanjikan karena dari media ini para siswa dapat melihat langsung contoh kegiatan yang dapat ditiru secara langsung langkah langkahnya, sehingga dengan cara ini, para siswa dapat melakukan kegiatan yang sama hingga pekerjaan selesai dengan baik.

“Kita dalam posisi meniru atau sebentuk dengan itulah, kita melihat tayangannya bersama sama dengan siswa dan mereka melakukan hal yang sama dengan apa yang berlangsung dalam tayangan, ini akan sangat membantu para siswa untuk lebih mudah melakukan hal yang sama, dan kegiatan dapat selesai dengan baik,” jelas Hepsi Herawati.

Untuk kegiatan dengan model semacam ini lanjut Hepsi, maka guru atau pendamping diharuskan untuk memiliki, mencari dan menyediakan bahan tayangan yang berkaitan dengan apa yang ingin dikerjakan, kalau boleh kata Hepsi Herawati para guru dapat memiliki bahan dengan jenis yang sama beberapa buah, sebaiknya jangan satu atau dua saja, sehingga ada pembanding untuk aktivitas tersebut. Dan bila perlu menurut Hepsi Herawati guru dapat melakukan mix.

“Jika penggabungan dua konsep dapat dilakukan, akan jauh lebih baik hasilnya, akan ada perkembangan baru pada kegiatan yang sama, semuanya pasti bisa dilakukan jika keinginan dan niat yang kuat dapat dimiliki oleh setiap orang guru maupun siswa,” jelas Hepsi Herawati H Tanjung.

Salahsatu siswa yang ditanyai Inhum soal ini mengatakan kalau kegiatan dengan konsep ini cukup menyenangkan dan membuat semuanya menjadi lebih paham, lebih mudah memahami dan lebih mudah melakukan kegiatan yang sama. Mereka berharap berikutnya masih akan ada lagi kegiatan yang sama agar semuanya lebih banyak dapat memiliki kemampuan membuat Origami yang kini sedang booming dikalangan remaja.

WKM II Kesiswaan MAN Sibolga Sri Rafiah kepada Inhum mengatakan, teori teori baru kecil atau besar penting untuk dikembangkan oleh guru sebagai tenaga pendidik yang menginginkan para siswanya dapat terus berkembang dari hari kehari. Karena kata Sri Rafiah, siswa dapat dipastikan akan dapat lebih berkembang jika para tenaga pendidik dapat menciptakan hal hal baru, cara cara baru dan tekhnik baru dalam kegiatan pembelajaran. (SDP)

41 DIBACA
Jumat,2017-08-11,10:51:31

KPP Pratama Kunjungi MAN 2 Padangsidimpuan

Jumat,2017-08-11,10:31:52

MAN Tanjung Morawa Kembangkan Pembelajaran Ekonomki Kreatif

Jumat,2017-08-11,10:18:02

Perbanyak Bersyukur Maka Nikmat Akan Bertambah

Jumat,2017-08-11,10:06:12

Peraturan Diciptakan Untuk Dipatuhi dan Dilaksanakan

Jumat,2017-08-11,09:56:52

MAN 1 Tanjung Pura Kembangbiakkan Tumbuhan Obat


0 Komentar :