PHU Kemenag Dairi Lakukan Rekonsiliasi Data CJH Dengan BPS

PHU Kemenag Dairi Lakukan Rekonsiliasi Data CJH Dengan BPS

Sidikalang (Inmas). Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dairi melakukan rekonsiliasi (Pencocokan) data dengan Bank Penerima Setoran (BPS). Rekonsiliasi dilakukan terhadap setoran awal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), untuk pendafatar bulan September, Rabu (09/10) di BRI dan Bank Sumut yang merupakan Mitra Kementerian Agama.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah melalui Penyususn dokumen haji dan umrah Kankemenag Kabupaten Dairi Marfuah Hutagalung, S.Sos mengatakan rekonsiliasi tersebut bertujuan untuk mensinkronkan data pada Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu ( SISKOHAT) Kemenag Dairi dan BPS lain yang beroperasi di Kabupaten.

''Rekon ini sangat penting dilakukan, untuk menghindari terjadinya perbedaan data antara Siskohat dan BPS, sehingga menghasilkan data yang akurat,'' jelasnya.

Ia berharap dengan di lakukan rekonsiliasi data pada Calon Jemaah Haji (CJH) yang terdaftar di Siskohat ini bertujuan agar tidak terjadi selisih data Calon Jemaah Haji (CJH) dengan BPS yang bersangkutan.

Dari hasil rekonsiliasi dengan BPS, untuk Bank Sumut nihil. Sementara untuk BRI, jumlah pendatar melaui SISKOHAT sebanyak 3 sementara di BRI sebanyak 4 yang melakukan setoran awal ke BPIH, sehingga ditemuka 1 selisih. “Selisih ini terjadi karenakan CJH melakukan Validasi ke BPS namun tidak melakukan pendafataran ke PHU” jelas Marfuah.

Acara rekonsiliasi tersebut di akhiri dengan penandatanganan berita acara oleh pihak PHU Kemenag Dairi dan pihak BPS terkait. (LM)

24 DIBACA

Tidak Ada Pemilahan Waktu, Berbenah Diri Tidak Membutuhkan Kata Tunggu

PIK-R MAN Kencana Binjai Persiapkan Konselor Remaja Yang Produktif

Operator Targetkan SIMPATIKA Selesai Pada Bulan Agustus

Kuasai dan Berbagi Informasi, Kapanpun dan Dimanapun

MIN Sei Dua Hulu Terapkan 4 S