Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 : Umat Rukun, Indonesia Maju

Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 : Umat Rukun, Indonesia Maju

Medan (Inmas). Hari Amal Bakti merupakan hari ulang tahun Kementerian Agama RI yang jatuh pada tanggal 3 Januari di tahun 1946. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Iwan Zulhami, SH, M.AP mengadakan Peringatan Hari Amal Bakti Ke-74 di Lapangan Asrama Haji Medan, Jumat (3/1).

Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdaprovsu Nouval Mahyar menyampaikan Amanat Menteri Agama RI. Dalam Amanat Menteri RI, Nouval Mahyar mengatakan bahwa Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu, ujarnya.

Nouval Mahyar juga menegaskan isi dari Undang-Undang Dasar pasal 29 yang berbunyi “Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.” dan “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”

“Dalam negara Pancasila, siapa pun dengan alasan apa pun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti-agama, penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan, ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda. Demikian pula segala kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara,” tegas Nouval Mahyar dalam menyampaikan Amanat Menteri Agama RI.

Nouval Mahyar juga mengatakan Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”. “Saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama.“

Dalam Amanat Menteri Agama RI, Nouval Mahyar mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh aparatur Kementerian Agama, baik yang masih aktif maupun yang telah purna bakti atas segala dedikasi dan pengabdiannya. Menteri Agama RI meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama, berikanlah seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Pejabat dan ASN Kanwil Kemenag Sumut, Kemenag Medan, seluruh Kepala Madrasah beserta para guru, Ketua MUI Sumut, UPT. Asrama Haji Medan, Pangdam 1 Bukit Barisan, Danlanud Sumut, Ka. Dinkes Sumut, Ka. Imigrasi Kelas 1 Medan dan para tamu undangan lainnya atau yang mewakili.

126 DIBACA

Kakankemenag Simalungun Resmikan Musholla Al Falah

Kasi Kesiswaan Memberikan Motivasi Kepada Siswa MAN Sidikalang

Lomba Baca Teks Pembukaan UUD 1945 Jilid 2

Semarak HUT RI di MTsN Siantar Kabupaten Simalungun

Penyerahan Hadiah dan Lagu Daerah Mengisi Acara Peringatan HUT RI ke-72 Kemenag Labuhanbatu