Resepsi Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 Bersama Menteri Agama RI

Resepsi Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 Bersama Menteri Agama RI

Medan (Inmas). Masih dalam perayaan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 Kementerian Agama Republik Indonesia, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Iwan Zulhami mengadakan acara Resepsi Hari Amal Bakti Ke-74 di Asrama Haji Medan, Sabtu (4/1). Acara ini dilaksanakan siang hari, dihari yang sama dengan Senam Kerukunan.

Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi juga hadir di acara Resepsi HAB ke-74 ini, dimana sebelumnya seusai Senam Kerukunan beliau sempat pergi ke UIN untuk menghadiri acara disana. Sesampai di Asrama Haji Medan, Fachrul Razi disambut dengan tarian daerah diiringi dengan lantunan organ musik tradisional gordang sambilan.

Dalam kata sambutannya, Fachrul Razi mengatakan bahwa di negara manapun itu jika umat tidak rukun pasti tidak mungkin negara tersebut bisa maju. Ia juga menceritakan pengalamannya di Abu Dhabi, United Arab Emirates dimana kerukunan beragama disana sangat tinggi dan kerukunan beragama itulah yang membuat orang asing nyaman untuk berwisata dan berkunjung ke Abu Dhabi.

Fachrul Razi juga mengatakan bahwa di Abu Dhabi ada Minister of Happiness (Menteri Kebahagian), dimana orang yang merasa tidak bahagia terutama tentang kerukunan umat beragama dapat melapor ke Menteri Kebahagian. Jadi kerukunan umat beragama itu sangat mutlak untuk menjadikan negara yang maju. “Jika masih ada orang yang masih ejek-mengejek berbau agama, itu berarti ilmu agamanya masih kurang, tertinggal dengan Arab,” imbuhnya

Fachrul Razi menyampaikan bahwa dalam arsip index kerukunan umat beragama, di Sumatera Utara berada pada 10 besar di Indonesia, “Kerukunan umat beragama di Sumatera Utara ini sudah baik, tapi masih bisa ditingkatkan lagi dengan langkah-langkah kita bersama yang akan membawa bangsa Indonesia lebih maju kedepan”.

Kakanwil Kemenagsu dalam kata sambutannya, Ia mengucapkan terima kasih kepada semua yang berhadir dan menyampaikan beberapa kegiatan Kementerian Agama Sumarera Utara kepada Menteri Agama RI di tahun 2019 yang lalu seperti Penguatan dakwah di Area Perbatasan dengan melaksanakan kerjasama dalam bentuk MoU dengan Kakanwil Kemenag Prov. NAD, Riau dan Sumbar, membentuk dan menetapkan desa kelurahan binaan kelompok kerja penyuluh (POKJALUH) disetiap Kab/Kota, membentuk pondok Tahfiz Quran disetiap madrasah untuk menciptakan insan yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia, melakukan gerakan NGoPI (Ngobrol Pendidikan Islam) disetiap Kab/Kota yang melahirkan gagasan peningkatan SDM guru dengan output setiap guru menulis Satu Guru, Satu Buku (One Teacher, One Book).

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi juga turut hadir dan memberikan kata sambutan, Ia menyampaikan bahwa ±45% anak-anak di Sumatera Utara sekolah di Madrasah. Edy menyampaikan kepada Menteri Agama ada 2 keuntungan bersekolah di Madrasah, yaitu menerima pendidikan selayaknya di sekolah umum, ditambah dengan agama.

Edy mengatakan bahwa untuk memajukan Madrasah, banyak ruangan-ruangan yang perlu dievaluasi, selain itu penghasilan guru madrasah yang perlu ditingkatkan. Dalam hal ini Edy juga ingin ikut bersama untuk membesarkan madrasah dengan merancang gagasan untuk meningkatkan pendapatan guru-guru madrasah non-PNS.

Edy juga mengungkapkan rencananya untuk membangun Islamic Centre seluas 15 hektare, dimana di Islamic Centre ini akan dibangun miniatur Jeddah, miniatur Mekkah dengan Masjidil Haram dan Madinah dengan Masjid Nabawi sehingga menjadi salah satu bentuk rekreasi religius. Maka dari itu Edy memohon izin kepada Menteri Agama atas rencana ini.

Di akhir acara, Menteri Agama RI meresmikan 12 gedung bangunan yang bersumber dari dana SBSN dan juga penyerahan tanah 7,4 hektare dari Bupati Tapteng dan 2,5 hektare dari Bupati Tapsel kepada Menteri Agama RI untuk keperluan perkantoran Kementerian Agama yang terkait.

Hadir dalam acara Walikota/Bupati se-Sumatera Utara, Ketua MUI, Forkopimda, Pimpinan Ormas Keagamaan dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghuchu, Rektor UINSU, Ketua Dharmawanita Persatuan Sumatera Utara, Pejabat Struktural dan Fungsional di Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota, Kepala Madrasah, Kepala KUA, Penyuluh Agama, 3 Mantan Kakanwil Kemenagsu Muhammad Hatta; Abdul Rahim; Tohar Bayoangin, Kepala UPT Asrama Haji.

179 DIBACA

Quipper Gelar Sosialisasi ke MAN 2 Tanjung Pura

Kakankemenag Dairi Hadiri Pengukuhan Paskibraka

Meriahkan HUT RI ke 72, Siswa MTsN Tanah Jawa Manfaatkan Barang Bekas

Kemenag Taput dan KPPN Balige Teken Nota Kerjasama

Kakankemenag Simalungun Resmikan Musholla Al Falah