Babinsa Beri Arahan pada Upacara Senin di MTsN Barus

Babinsa Beri Arahan pada Upacara Senin di MTsN Barus

Barus (Inhum). Babinsa yang merupakan singkatan dari Bintara Pembina Desa adalah salah satu kekuatan Kodam (Komando Daerah Militer) yang dinaungi secara berturut turut oleh Komando Rayon Militer (Koramil), Komando Distrik Militer (Kodim), dan Komando Resort Militer (Korem). Dimana tugasnya adalah melatih satuan perlawanan rakyat, memimpin perlawanan rakyat di pedesaan, memberikan penyuluhan kesadaran bela negara, memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat desa di bidang Hankamneg, melakukan pengawasan fasilitas/prasarana hankam di pedesaan/kelurahan, memberikan laporan tentang kondisi sosial di pedesaan secara berkala.

Sebagai anggota Babinsa di daerah Barus, salah satu objek sasaran mereka adalah sekolah sekolah dimana salah satunya adalah MTsN Barus. Dalam mempromosikan sekaligus mengenalkan identitas mereka kepada para warga madrasah, anggota Babinsa yang sekaligus merupakan Kepala Koramil Barus itu Siahaaan meminta izin kepada pihak sekolah memberikan arahan sebagai pembina pada upacara di MTsN Barus, Senin 14 Juli 2017.

Dalam arahannya beliau terlebih dahulu memperkenalkan dirinya sebagai anggota Babinsa. Dalam tugasnya sebagai Babinsa dirinya menyatakan bertanggup jawab penuh atas respon dari anak-anak sekolah yang melakukan pelanggaran hukum atau tindak kesalahan sosial lainnya, bahkan tidak akan segan segan menangkap siswa/i MTsN Barus jika ada yang melakukan kesalahan hukum.

Selain itu dia juga memberikan arahan mengenai kedisiplinan diri dari seorang pelajar. Sebagai pelajar, anak anak harus mengatur jadwalnya sebaik mungkin. Dimana jadwal itu jika dipedomaninya sebagai petunjuk mencapai arah hidup yang selalu dipegangnya dan dijalankan dengan baik maka anak anak tersebut tidak akaan masuk kedalam lembah kejahatan yang menghancurkan masa depannya.

"Jangan kau keluyuran di malam hari, malam hari itu waktunya untuk belajar, menyiapkan semua buku buku sesuai roster untuk hari besok, jangan kau siksa orang tuamu, kau harus hidup menjadi manusia yang berguna agar orangtuamu bangga memilikimu sebagai anaknya," ngkapnya dengan keras.

Dengan nada yang sangat lantang dan penuh dengan semangat Koramil tersebut menyampaikan arahannya didepan sseluruh siswa/i yang juga dihadiri guru guru MTsN Barus. Semua siswa/i yang menghadiri upacara tersebut sangat serius mendengarkan arahannya sambil menampakkan sedikit ekspresi wajah yang takut akan arahannya dengan suara yang sangat besar dan kuat.

Irfan Pasaribu sebagai kepala MTsN Barus sangat senang dengan kedatangan Koramil tersebut. Sebelum upacara mereka sempat berbincang bincang didalam ruangannya terkait dengan pengendalian kenakalan remaja di masa sekarang ini.

Saya cemas dengan anak anak sekarang, apalagi siswa/i MTsN Barus. Semoga kedatangaan Babinsa ini membuat diri mereka takut dan mampu mengontrol dirinya dari emosi yang tidak stabil, ujar Irfan kepada Inhum. (Hikmah)

170 DIBACA

Kasi Kesiswaan dan Pendis Laksanakan Monitoring di MIN Sidikalang

Guru SKI dan Siswa Study Tour Lokal Ke Tugu Titik Nol Peradaban Islam Nusantara

WKM MAN Sibolga, Berbincang Bersama Ditaman Halaman Utama

Menyambut HUT RI ke 72 MIN Sidikalang Laksanakan Kegiatan Perlombaan

Menyambut Hut Kemerdekaan RI ke 72 di MAN 3 Medan