Penyuluh Agama Kristen Lakukan Pengumpulan Data Potensi Poksar

Penyuluh Agama Kristen Lakukan Pengumpulan Data Potensi Poksar

Sidikalang (Inmas). Penyuluh PNS Nontaria Sirait dan Maslon Simatupang melakukan pengumpulan data di Desa Pardomuan Kecamatan Siempat Nempu Hilir yang turut didampingi oleh Penyuluh Non-PNS Dewi Sartika Manalu yang bertugas di kecamatan tersebut. Pada saat melakukan pendataan ini Penyuluh juga berkolaborasi dengan Pengawas Pendidikan Agama Kristen Kementerian Agama Kabupaten Dairi Manerep Pakpahan, dan diterima langsung dengan baik oleh Abara P. Sitohang selaku Kepala Seksi Pemerintahan desa Pardomuan diruang kerjanya, Selasa (14/01).  

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk  penyusunan instrumen pengumpulan data potensi wilayah atau kelompok sasaran di desa tersebut. Poin-poin yang ingin ditinjau adalah jumlah pemeluk agama, jumlah penduduk, fasilitas umum, sarana maupun prasarana, maupun kelompok sasaran. Hal ini dilakukan untuk mengetahui potensi masyarakat di wilayah tersebut sehingga hasil dari pengumpulan data ini bisa menjadi acuan untuk membentuk kelompok binaan.

Di desa Pardomuan sendiri cukup banyak jumlah penduduknya sekitar 1306 orang dengan jumlah Kepala Keluarga 334. Mereka terdiri dari orang dewasa yang berjumlah 668 , pemuda ada 250, anak-anak terdiri dari 388. Di desa ini juga terdapat fasilitas pendidikan mulai dari PAUD sampai SMA. Sarana seperti balai desa atau ruang pertemuan juga ada untuk tempat berkumpul masyarakat desa sekitar jika ada kegiatan.

Kelompok-kelompok yang ada di desa ini juga cukup beragam, ada kelompok tani, karang taruna, dan kelompok lansia. Melakukan pendekatan pada kelompok ini supaya nantinya bisa menjadi kelompok binaan dan melalui kelompok yang sudah ada di desa ini nantinya bisa menjadi contoh bagi warga lain untuk membentuk kelompok binaan.

Kegiatan ini disambut baik oleh Kasi Pemerintahan dan mendapat dukungan agar penyuluh bisa melakukan pembinaan di desa ini. Mereka berharap adanya pembinaan untuk warga di desa ini bisa memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan mental dan spiritual bagi masyarakat setempat. Ke depannya diharapkan kerja sama antara aparat desa dengan penyuluh selalu erat demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat desa pardomuan. (lm/as)

45 DIBACA

Suasana Café Tampak Diruang Kelas XI MIA-1

MAN Tanjung Morawa Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 72 dengan Berbagai Lomba

Menilai Kebersihan Kelas, Juri Harapkan Hasil Maksimal Sambut Kemerdekaan

Babinsa Beri Arahan pada Upacara Senin di MTsN Barus

Kasi Kesiswaan dan Pendis Laksanakan Monitoring di MIN Sidikalang