Senin,2017-09-11,23:08:29

Penyuluh Agama Islam Harus Bisa Berdakwah Arif dan Bijaksana

Penyuluh Agama Islam Harus Bisa Berdakwah Arif dan Bijaksana Kakankemenag Asahan Hayatsyah saat menyampaikan materinya kepada peserta kegiatan

Kisaran  ( Inhum ). Kegiatan  pembinaan pengembangan materi penyuluhan kelompok kerja penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan dilaksanakan pada hari Sabtu 10 September 2017 di Aula Kankemenag Asahan diikuti 30 peserta kegiatan yakni Penyuluh Agma Islam PNS dan Penyuluh Agama Islam Honorer, dibuka langsung oleh Kakankemenag Asahan Hayatsyah didampingi Kasubbag Tata Usaha Mahmudin dan Penyelenggara Syariah Dahmul.

Hayatsyah mengatakan bahwa seorang penyuluh harus mempunyai kompetensi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai seorang penyuluh, baik itu bagaimana menyampaikan isi pesan kepada masyarakat serta wawasan yang luas yang dapat diberikan kepada masyarakat sehingga bila masyarakat bertanya kepada penyuluh maka jawaban selalu tersedia , bukan malah penyuluh yang bertanya kepada masyarakat tentang trending topic saat ini.

"Penyuluh Agama Islam harus bisa berdakwah dengan arif dan bijaksana, jangan suka klaim kebenaran bahkan mengkafirkan orang lain. Penyuluh harus mampu memberikan warna dan pengaruh yang baik serta menjadi suri tauladan bagi masyarakat sekitarnya," ucapnya.

Ditambahkannya bahwa Penyuluh Agama Islam mempunyai peran penting dalam pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan dirinya sendiri sebagai insan yang berakhlakul kharimah dan merupakan ujung tombah Kementerian Agama dalam melaksanakan penerangan Agama Islam ditengah pesatnya dinamika perkembangan masyarakat Indonesia. Perannya sangat strategis dalam rangka membangun mental, moral, dan nilai ketaqwaan umat serta turut mendorong peningkatan kualitas kehidupan umat dalam berbagai bidang baik di bidang keagamaan maupun pembangunan.

Sedangkan tugas pokok Penyuluh Agama Islam adalah melakukan dan mengembangkan kegiatan bimb ingan atau penyuluhan agama dan pembangunan melalui bahasa agama dan mempunyai salah satu fungsinya adalah memposisikan dirinya sebagai da’i yang berkewajiban mendakwahkan Islam, menyampaikan penerangan agama dan mendidik masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tuntunan Alquran dan sunnah nabi.  

Dikesempatan yang sama ketua panitia pelaksana Syahril menyampaikan bahwa tujuan kegiatan agar Penyuluh Agama Islam dapat lebih mengerti dan memahami akan materi  yang akan disampaikan kepada masyarakat sehingga mereka mengerti dan mau melaksanakan apa yang dikendaki oleh penyuluh sesuai dengan pemyampaian yang tidak lari dari ajaran Islam, juga menjadikan Penyuluh Agama Islam lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi sehingga masyarakat dapat memberikan image positive dan acungkan jempol kepada setiap Penyuluh Agama Islam sebagai ujung tombak dari Kementerian Agama .

Narasumber kegiatan adalah Kakankemenag Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan Salman Abdullah Tanjung dan Penyelenggara Syariah. Kegiatan dilaksanakan sepenuhnya oleh Penyuluh Agama Islam PNS sebagai panitia sedangkan  dana kegiatan bersumber dari dana DIPA Kankemenag Asahan . (sm)

 

119 DIBACA
Senin,2017-09-11,22:31:37

Kemenag Madina Gelar Verifikasi Pembayaran TPG

Senin,2017-09-11,21:38:56

Kemenag, MUI dan IPHI Madina Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Bimbingan Manasik Haji

Senin,2017-09-11,21:15:18

Kemenag Deli serdang Laksanakan Manasik Haji Tingkat RA

Senin,2017-09-11,20:16:29

BKAG Siap Bermitra Dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar

Senin,2017-09-11,20:16:03

Tim Pembimbing Ibadah Haji Harus Orang yang Kompeten


0 Komentar :