Rabu,2017-09-13,12:42:15

Penguatan Metode Observasi Dilingkungan Sendiri

Penguatan Metode Observasi Dilingkungan Sendiri Affan Bagus Handoko memberikan arahan sebelum pelaksanaan observasi

Sibolga (Inhum). Memiliki lingkungan madrasah yang beragam secara fisik ditambah dengan jumlah tumbuhan yang beragam membawa banyak hal positif bagi kegiatan pembelajaran, karena dengan kondisi tersebut para guru tidak perlu khawatir dan mencari cari lokasi yang tepat untuk melakukan observasi, karena semua kebutuhan yang berkaitan dengan itu terdapat cukup dilingkungan sendiri.

Hal ini paling tidak sudah banyak dibuktikan oleh guru mapel Prkarya dan Kewirausahaan MAN Sibolga Affan Bagus Handoko, dimana pada hari ini Rabu, 13 September 2017 beliau bersama sama dengan siswa X MIA 2 melakukan kegiatan observasi tanaman jamur di kompleks MAN Sibolga.

Kepada Inhum Affan Bagus Handoko mengatakan, beliau saat ini memang dalam posisi yang cukup senang dan sangat bahagia karena tidak harus bingung dan mencari tempat terbaik untuk melakukan kegiatan kegiatan lapangan dalam pembelajaran, MAN Sibolga dengan semua potensinya kata Affan Bagus Handoko sudah cukup memberikan jawaban.

“Kita tidak harus keluar kompleks madrasah, kita tidak harus memberikan pengorbanan waktu yang lebih banyak karena disini, dilingkungan kita sendiri kita bisa melakukan kegiatan observasi dengan maksimal, karena titik titik penting yang dibutuhkan dalam kegiatan observasi ada disini, alhamdulillah untuk itu,” jelas Affan Bagus Handoko.

Kepala MAN Sibolga Muallim lebih jelas mengatakan, beliau sangat menginginkan para guru lebih banyak memanfaatkan lingkungan madrasah untuk kegiatan pembelajaran, para guru juga sebaiknya terus melakukan pemetaan dan pendataan fasilitas atau hal lainnya yang berhubungan dengan lingkungan, sehingga madrasah memiliki data autentik dan memiliki fakta yang dapat dipikirkan pengembangannya.

“Ada harapan besar bagi seluruh tenaga pendidik agar juga melakukan penilaian terhadap lingkungan madrasah. Jika masih ada yang kurang maka kita bisa melakukan upaya pengadaan, jika butuh perbaikan maka kita akan lakukan perbaikan semampu kita. Yang penting ada data yang jelas dan pasti, utamanya yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran, kita akan maksimal menghadapinya,” demikian kata Muallim.

Pantauan Inhum, para siswa kelas X MIA 2 ini tampak cukup antusias melakukan observasi disetiap sudut lapangan madrasah guna menemukan hal hal yang berhubungan dengan materi pembelajaran hari ini, jamur. (SDP)

47 DIBACA
Rabu,2017-09-13,11:18:40

Siap Tunjukkan Kualitas, Kandidat Teken Fakta Integritas

Rabu,2017-09-13,11:10:01

Sesi Tanya Jawab Calon Ketua OSIM Menarik Perhatian

Rabu,2017-09-13,10:48:49

Ikrar Damai Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM MAN Sibolga

Rabu,2017-09-13,10:42:57

Bola Melayang dan Gelas Berjalan Hanya Ada Di MAN Barus

Rabu,2017-09-13,09:44:50

Demokrasi, Mudah Dilidah, Sering Jadi Masalah


0 Komentar :