Senin,2017-10-09,15:35:00

Hak dan Kewajiban Satu Kesatuan yang Tak Terpisahkan

Hak dan Kewajiban Satu Kesatuan yang Tak Terpisahkan

Sidikalang (Inhum). Sebagai seorang peserta didik di sebuah sekolah, memiliki kewajiban dan hak. Kewajiban adalah segala sesuatu yang dianggap sebagai suatu keharusan yang hukumnya wajib untuk dilaksanakan oleh individu sebagai warga sekolah untuk mendapatkan hak yang pantas untuk didapatkan. Kewajiban pada umumnya mengarah pada suatu keharusan/kewajiban bagi individu dalam melaksanakan peran sebagai anggota warga sekolah guna mendapat pengakuan akan hak yang sesuai dengan pelaksanaan kewajiban tersebut.

Sedangkan hak adalah segala sesuatu yang dapat diambil ataupun tidak oleh individu sebagai anggota warga sekolah. Hak dan kewajiban merupakan suatu hal yang terikat satu sama lain, sehingga dalam praktik harus dijalankan dengan seimbang. Jika hak dan kewajiban tidak berjalan secara seimbang, maka akan terjadi suatu ketimpangan dalam pelaksanaan kehidupan individu. Kewajiban dipenuhi terlebih dahulu, baru kemudian menuntut hak kita.

Demikian disampaikan Sabdiah Nainggolan dalam arahan dan bimbingannya pada saat pelaksanaan Upacara di MIN Sidikalang, Senin 9 Oktober 2017. Upacara yang dilaksanakan setiap hari senin ini dihadiri oleh kepala MIN Sidikalang, dewan guru beserta para Mahasiswa PPL dari STAI Al-Ikhlas Dairi.

Lebih lanjut Sabdiah menjelaskan bahwa peserta didik di sekolah sebagai warga sekolah, tidak dapat terlepas dari kewajiban. Kewajiban-kewajiban tersebut harus dilaksanakan agar mendapatkan hak. Apabila kewajiban-kewajiban tersebut tidak dilaksanakan atau dipatuhi, maka akan mendapatkan sanksi dari sekolah.

Ditambahkan bahwa disamping melaksanakan kewajiban peserta didik juga memiliki hak disekolah diantaranya mendapatkan pendidikan dan pengajaran, menggunakan fasilitas pembelajaran sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, mendapatkan penghargaan berupa piagam penghargaan atas prestasi yang dicapai, mendapatkan perlindungan selama berada di lingkungan sekolah pada jam belajar dan penugasan, ujar Nainggolan.

Sementara Kepala MIN Sidikalang Kamidun Solin dalam arahannya juga menyampaikan bahwa hak dan kewajiban ini, harus sebanding. Hak yang kamu dapat di sekolah ini juga harus sebanding dengan kewajiban yang harus kamu laksanakan.

“Hak dan kewajiban merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, merupkan dua sisi yang menyatu, dimana ada hak disana ada kewajiban yang melekat pada sisi sebaliknya. Hak dan kewajiban merupakan sesuatu yang universal, merupakan satu ciptaan yang Maha Sempurna. Hak dan kewajiban merupakan ketentuan yang pasti dan melekat sebagai satu ciptaan, satu realita yang sudah ada dan pasti ada," ujar Kamidun. (HK)

91 DIBACA
Senin,2017-10-09,15:20:40

Kemenag Padangsidimpuan Gelar PORSADIN Tahun 2017

Senin,2017-10-09,12:35:50

Membayar Zakat Membantu Sesama Muslim

Senin,2017-10-09,12:32:47

Ilmu Akan Membawamu Kemanapun yang Kamu Mau

Senin,2017-10-09,11:25:42

Mahasiswa STAI Al-Ikhlas Dairi Laksanakan PPL di MIN Sidikalang

Senin,2017-10-09,10:54:02

Kunjungan Sosial Untuk Jalinan Kebersamaan


0 Komentar :