Senin,2017-10-09,19:24:38

MAN Lubuk Pakam Gelar Pemilihan Ketua OSIM

MAN Lubuk Pakam Gelar Pemilihan Ketua OSIM Kepala MAN membuka PEMILU OSIM MAN Lubuk Pakam

Lubuk Pakam (Inhum). Sebanyak 3 pasang kandidat meramaikan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) yang diselenggarakan di Lapangan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lubuk Pakam. Sesuai dengan Jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia pemilihan Ketua OSIM MAN Lubuk Pakam pemungutan suara dilaksanakan pada hari Senin 9 Oktober 2017.


Pemungutan suara dilakukan setelah masing-masing kandidat melewati setiap tahapan dimulia dari uji kelayakan, pemaparan visi dan misi dihadapan seluruh siswa MAN Lubuk Pakam dan pembina OSIM hingga debat kandidat ketua OSIM. Seluruh siswa kemudian diberikan undangan untuk melaksanakan pemilihan di TPS yang telah disediakan oleh panitia pemilihan dan kemudian diberikan surat suara untuk melakukan pencoblosan dalam bilik yang sudah disediakan untuk selanjutnya memasukkannya ke dalam kota suara dan diberi tinta pada jari mereka sebagai tanda telah melakukan pemilihan.


Menurut Kepala MAN Lubuk Pakam Irwansyah pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM ini merupakan sarana pembelajaran bagi siswa dalam menyampaikan suaranya untuk memilih calon yang bisa mewakili dan sekaligus penerapan demokrasi di madrasah.

"Pemilihan sengaja dibuat persis sebagaimana pemilihan kepala daerah ataupun anggota legislatif pada umumnya dengan berbagai tahapan dimulai dari uji kelayakan hingga debat para kandidat ketua OSIM. Dengan begitu saat mereka sudah memasuki usia pemilih sudah mengetahui apa yang harus dilakukan pada saat Pemilihan Umum," ucapnya.


Herianto selaku pembina OSIM MAN Lubuk Pakam menambahkan bahwa melalui kegiatan pemilihan ini siswa mampu memahami bagaimana proses pemilihan seorang pemimpin melalui proses secara demokrasi dari awal hingga akhir. Tentunya mereka juga bisa menambah wawasan tentang apa yang dinamakan Pemilihan  Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (LUBER) dalam proses demokrasi di Indonesia.


"Kandidat ketua OSIM yang memiliki suara terbanyak nantinya akan ditetapkan oleh Kepala MAN Lubuk Pakam sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIM yang baru periode 2017-2018 yang tentunya setelah dilaksanakan perhitungan suara dan melalui evaluasi hasil  oleh panitia pelaksana pemungutan suara," jelas Herianto. (nw)

68 DIBACA
Senin,2017-10-09,18:50:34

Perbaiki Perilaku dan Berikan Penilaian Positif

Senin,2017-10-09,17:54:00

15 Guru PAK Ikuti Launching Forum Komunikasi PAK

Senin,2017-10-09,15:35:57

Jangan Jadikan Perbedaan dan Keberagaman Menjadi Penghalang Kerukunan

Senin,2017-10-09,15:35:00

Hak dan Kewajiban Satu Kesatuan yang Tak Terpisahkan

Senin,2017-10-09,15:20:40

Kemenag Padangsidimpuan Gelar PORSADIN Tahun 2017


0 Komentar :