Rabu,2017-10-11,10:55:32

Peningkatan Kompetensi Kepala KUA Dalam Bidang Ilmu Fiqh

Peningkatan Kompetensi Kepala KUA Dalam Bidang Ilmu Fiqh

Pematangsiantar ( Inhum ). Dalam rangka Peningkatan kompetensi Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan se Kota Pematangsiantar dalam bidang Imu Figh yang berbasis kepada kitab kuning ( turats ) khususnya munakahat Kepala Seksi Bimas Islam Dahmanur Siregar mengadakan rapat mengkaji kemampuan Kepala KUA Kecamatan Rabu 11 Oktober 2017 di ruang kerja Kakankemenag Kota Pematangsiantar.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar Abd Rahman Harahap menyambut baik sekaigus menerima kehadiran  para Kepala KUA Kecamatan se Kota Pematangsiantar Zulfahri Hasibuan KUA Kecamatan Siantar Barat, Zulhamri Siregar KUA Kecamatan Siantar Sitalasari, Masjudan Pulungan KUA Kecamatan Siantar Marihat & Marimbun , Iswadi KUA Kecamatan Siantar Utara, Syahril KUA Kecamatan Siantar Timur, Almer Tumanggor KUA Kecamatan Siantar Selatan dan Amrial Saragih KUA Kecamatan Siantar Martoba.

Kepala Seksi Bimas Islam Dahmanur Siregar mengatakan daalam rapat ini akan mengaji secara serius mengenai sejauhmana kompetensi Kepala KUA Kecamatan dalam menguasai ilmu fiqh khususnya fiqh munakahat yang berbasis kitab kuning.

“ Hal ini penting untuk dilakukan karena sebagai kepala KUA Kecamatan ddiharapkan mampu menjawab persoalan-persoalan hukum yang muncul di tengah-tengah masyarakat khususnya urusan pernikahan," ungkapnya.

Lebih lanjut Kasi Bimas Islam Dahmanur Siregar juga mengatakan Kompetensi Teknis, yang diukur dari tingkat dan spesialisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional dan pengalaman bekerja secara teknis kemampuan dalam membaca Al-Qur’an dan maknanya. Termasuk kemampuan membaca kitab kuning khususnya yang berkaitan dengan fiqh munakahat dan permasalahan munakahat kontemporer. Serta kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa arab dan bahasa Inggris.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiatar Abd Rahman Harahap dalam rapat pagi hari tadi mengatakan  Sebagai unit pelayan publik, KUA dituntut mampu memberikan pelayan kepada masyarakat dengan optimal, pelayanan yang ada di KUA meliputi pernikahan, perwakafan, kemasjidan, bimbingan calon pengantin, pembinaan pengamalan agama, majelis taklim, pengukuran arah qiblat, sosialisasi produk halal, bimbingan manasik haji dan konsultasi keagamaan. Peningkatan mutu sumber daya manusia Kepala KUA/Penghulu terus menerus dikembangkan agar mampu memainkan kiprahnya sebagai sosok manager, ulama dan mufti ditengah masyarakat.

Kakankemenag Siantar menjelaskan kepada Kepala KUA Kecamatan se Kota Pematangsiantar bahwa Program peningkatan kualitas kompetensi dan wawasan keilmuan para Kepala KUA/Penghulu dengan mengadakan Musabaqoh Qiro’atil Kutub (MQK) yang menekankan keahlian, kefasihan dan kebenaran membaca serta pemahaman makna teks kitab kuning agar Kepala KUA/Penghulu dapat mendalami ilmu-ilmu agama Islam dan mengambil rujukan dari sumber kitab-kitab Arab. Disamping sebagai media peningkatan kompetensi juga sebagai media penguatan Kepala KUA/Penghulu sebagai ujung tombak dalam pelayanan terhadap masyarakat. ( Turnip )

102 DIBACA
Rabu,2017-10-11,10:54:57

Informasi Harus Valid, Hindari Hoax, Langsung ke Sumber

Rabu,2017-10-11,10:41:14

Program BIAS dari Dinas Kesehatan Kota Sibolga

Rabu,2017-10-11,09:42:47

Kesabaran Adalah Kekuatan, Bukan Satu Titik Kelemahan

Rabu,2017-10-11,09:17:55

Allah Tidak Lihat Rupamu, Tetapi Keikhlasan Hatimu

Rabu,2017-10-11,08:47:55

Club Triathlon MAN Sibolga Siap Bertarung


0 Komentar :