Sabtu,2017-11-11,17:42:27

Melihat Lebih Dekat Ekosistem Air

Melihat Lebih Dekat Ekosistem Air

Sibolga (Inhum). Beberapa siswa Kelas XI IIS 1 MAN Sibolga turun langsung keair, bahkan masuk kecelah jembatan, melihat sudut demi sudut batu dan kemudian melakukan pencatatan tentang hal hal yang berhasil ditemukan. Hal ini dilakukan tidak sedang bermain, tidak sembarangan, akan tetapi sebagai rangkaian dari kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan materi Ekosistem air.

Affan Bagus Handoko yang menjadi guru pembimbing dalam kegiatan ini kepada Inhum Sabtu, 11 November 2017 mengatakan, kegiatan pembelajaran akan lebih baik jika memadukan teori dengan penemuan dilapangan, dimana para siswa dalam kegiatan ini mencari sampel yang berhubungan dengan teori, karena lokasinya ada, maka siswa langsung turun keair yang ada dikompleks madrasah.

“Barangkali ekosistem air ini sudah sering sekali kita dengar selama ini, memang ekosistem merupakan satu bahasan yang dipelajari ketika duduk di bangku sekolah, termasuk membicarakan ekosistem air atau ekosistem perairan. Cara mengenal ekosistem ini bisa dilihat dari pengertiannya,” demikian kata Affan Bagus Handoko.

Lebih lanjut Affan mengatakan, tidak jauh berbeda dengan pengertian ekosistem pada umumnya, ekosistem air ini adalah ekosistem yang mana faktor lingkungan eksternalnya didominasi oleh air sebagai habitat dari berbagai macam organisme air. Dengan kata lain ekosistem air ini adalah lingkungan yang terdiri dari komponen biotik dan abiotik dan didominasi oleh air sebagai habitat dari komponen komponen tersebut.

“Nah, inilah yang akan diperhatikan, dilihat dan dicatat oleh para siswa, apa saja yang mereka temukan di sekitaran air yang berhubungan dengan komponen biotik dan abiotik. Hasil temuan itu akan didiskusikan lebih lanjut sambil mencari literatur yang berkaitan, langkah ini akan dapat lebih memudahkan siswa menangkap maksud pembelajaran,” jelas Affan Bagus Handoko.

Akan tetapi lanjut Affan Bagus, dalam kegiatan yang sejenis ini, penting bagi siswa untuk memperhatikan banyak hal, termasuk sikap. Kenapa demikian, karena tanpa adanya keseriusan, tanpa kemampuan mencurahkan segala kemampuan dan keinginan, maka hasilnya tidak akan memusakan. (SDP)

31 DIBACA
Sabtu,2017-11-11,17:41:18

Tari Persembahan Sambut Saleh Partaonan Daulay

Sabtu,2017-11-11,15:56:42

19 Siswa MAN Barus Mengikuti Pramuka Saka Wira Kartika

Sabtu,2017-11-11,11:24:12

Paskibaraka MTsN Barus Ikut Meriahkan Peringatan Hari pahlawan

Sabtu,2017-11-11,10:34:09

Upacara Memperingati Hari Pahlawan di MAN 3 Medan

Sabtu,2017-11-11,09:30:29

MTsN Barus Tampilkan Kolaborasi Puisi dan Drama di Hari Pahlawan


0 Komentar :