Senin,2017-11-13,12:23:24

Kakankemenag Asahan Buka Kegiatan Pemberdayaan Zakat Zona III

Kakankemenag Asahan Buka Kegiatan Pemberdayaan Zakat Zona III Kakankemenag Asahan Dr. H. Hayatsyah, M.Pd saat membuka kegiatan Pemberdayaan Zakat Zona III bersama dengan Kabid Penais Zawa Drs. H. Jaharuddin, S.Pd.I

Kisaran ( Inhum ). Kepla Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan Dr. H. Hayatsyah, M. Pd membuka secara resmi kegiatan Pemberdayaan Amil Zakat Zona III ( Kemenag Kabupaten Asahan, Kemenag Kabupaten Batu Bara, Kemenag Kabupaten Labura dan Kemenag Kota Tanjung Balai )  bersama dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kabid Penais ZAWA Drs. H. Jaharuddin, S.Pdi, MA dan Kasi Pemberdayaan Zakat, Khoirul Amru Siregar, S. Ag, M. Pd di Aula Tiga Dimensi Jl. Hos. Cokroaminoto No. 263 Kisaran , Senin 13 November 2017

Hayatsyah menyampaikan bahwa zakat merupakan senjata ampuh yang dijalankan oleh para pemimpin Islam sebagai suatu sistem penyeimbangan/penstabil dalam perekonomian sebagai suatu kebijakan moneter. Pemberdayaan zakat yang dilaksanakaan secara maksimal seharusnya dapat meminimalisir kemiskinan sehingga menjadikan sejahtera bagi masyarakat dan ekonomi yang stabil. Namun kenyataan sekarang banyaknya masyarakat yang kekurangan dan ekonomi yang tidak stabil ternyata disebabkan karena zakat dianggap ritual keagamaan saja dan hanya sebuah karitas /belas kasihan bukan filantori /pemberdayaan.

Ditambahkannya bahwa dengan berzakat tidak hanya untuk membersihkan diri dari dosa akan tetapi membersihkan akhlak dan membiasakan jiwa seseorang untuk senantiasa berbuat yang lebih utama. Zakat juga tidak hanya menghilangkan atau membersihkan dari dosa akan tetapi untuk fakir miskin,  yang artinya berorientasi pada kemaslahatan umat menghilangkan dari dosa juga merupakan salah satu hikmah.

“ Mari bersama menyadarkan masyarakat  bahwa zakat tidak hanya sebagai ritual keagamaan akan tetapi sebuah senjata untuk kemaslahatan umat.  Membersihkan akhlak untuk senantiasa membiasakan berbuat yang lebih utama," ajaknya.

Akhirnya ucapan terima kasih disampaikan Hayatsyah  kepada panitia kegiatan Pemberdayaan Zakat Zona III Kanwil Kemenag Sumut karena telah memberikan kesempatan kepada Kemenag Asahan sebagai  tempat  terselenggaranya kegiatan dan selamat datang kepada seluruh peserta kegiatan dari empat Kemenag Kabupaten/Kota dalam Zona III, semoga dengan mengikuti kegiatan pemberdayaan zakat ini dapat lebih memantabkan diri akan arti zakat dan dapat mensosialisasikannya ke masyarakat.

Dikesempatan yang sama Ketua Panitia Kegiatan Yasser Arafat Sari Siregar, SE melaporkan bahwa kegiatan pemberdayaan zakat zona III tahun 2017 diikuti 40 orang peserta dengan tujuan untuk meningkatkan manajemen dan tata kelola zakat yang sesuai dengan syariah Islam dan peraturan pemerintah , menggugah kesadaran umat Islam agar senantiasa mengeluarkan zakatnya ,  menigkatkan penyuluhan zakat di tengah-tengah masyarakat dan nenyamakan persepsi dalam pengelolaan zakat agar penyaluran tepat sasaran.

Dengan tema Melalui pemberdayaan Zakat Zona III ( Kemenag Kabupaten Asahan, Kemenag Kabupaten Batu Bara, Kemenag Kabupaten Labura dan Kemenag Kota Tanjung Balai ) mari kita tingkatkan tata kelola zakat yang profesional dan berhasil guna, akhirnya. (sm)

21 DIBACA
Senin,2017-11-13,11:59:17

Paskibra MTsN 3 Medan Raih Prestasi pada Kreasi Paskibra Berkompeten 2017

Senin,2017-11-13,11:50:29

MTsN Stabat Tuan Rumah GASUKU dan UKT

Senin,2017-11-13,11:09:42

Siswa MIN Simpang Empat Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun

Senin,2017-11-13,10:39:32

Penampilan Siswa di Kelurahan Pondok Batu

Senin,2017-11-13,10:23:06

Persaudaraan Kekar Tanpa Tawar Menawar


0 Komentar :