Senin,2017-11-13,20:50:32

Kakankemenag Asahan Beri Bimbingan Manasik Haji KBIH Al Haramain

Kakankemenag Asahan Beri Bimbingan Manasik Haji KBIH Al Haramain Kakankemenag Asahan Dr. H. Hayatsyah, M.Pd saat menyampaikan bimbingan mansik haji bagi calon jamaah haji di KBIH Alharamain Kisaran

Kisaran ( Inhum ). Manasik haji merupakan peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya dan para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktek tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan tanah suci, ucap Kepala  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan Dr. H. Hayatsyah, M.Pd saat membuka manasik haji di KBIH Al Haramain di Pesantren Daar Al Uluum Kisaran, Minggu 12 November 2017.

Hayatsyah menyampaikan bahwa bimbingan manasik haji sangat perlu dilaksanakan walaupun dari beberapa calon jamaah haji sudah ada yang pernah berangkat haji. Dengan banyaknya kita manasik haji semakin paham dan mengerti akan  rukun haji yang merupakan syarat wajib yang harus dilakukan saat menunaikan ibadah haji ke tanah suci, niat ihram, thawaf, sa’i, wukuf, tahalul dan tertib. Rukun haji harus dilaksanakan, apabila ada salah satu yang tidak dilaksanakan maka ibadah hajinya tidak sah.

Kepada 150 orang calon jamaah haji yang mengikuti bimbingan manasik haji di KBIH Al Haramain diharapkan Hayatsyah agar selalu menjaga kesehatan sebelum dan saat menunaikan ibadah haji.  Kesehatan adalah yang paling penting dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci, vaksinasi untuk penyakit tertentu bagi calon jamaah haji sebelum berangkat juga diwajibkan karena Pemerintah Arab Saudi hanya akan mengeluarkan visa haji untuk jamaah yang terbukti telah melakukan vaksinasi.

"Ada bebrapa tips untuk menjaga kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji , konsumsi air mineral yang cukup, selektif memilih makanan, memakai pelembab untuk mengurangi efek panas matahari, segera periksa ke dokter ketika mengalami keluhan kesehatan, jagalah kebersihan, atur emosi dan hati dan istirahat yang cukup serta jangan buang-buang tenaga untuk hal-hal yang tidak berguna," ucapnya.

Dia meminta kepada calon jamaah haji agat menjaga kekompakan selama di tanah suci, bantulah jamaah yang membutuhkan pertolongan jika memang anda bisa membantunya, berbagilah makanan dan obat-obatan bila ada yang memerlukannya, saling membantu dan saling mengingatkan akan hal yang terlupakan dalam menjalankan rukun haji. Insya Allah akan menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurrah sekembalinya dari tanah suci. (sm)

23 DIBACA
Senin,2017-11-13,19:35:18

MAN Kabanjahe Laksanakan Simulasi UNBK Hari Pertama

Senin,2017-11-13,18:35:23

Pangkostrad Apresiasi Siswa yang Berprestasi di MAN 1 Medan

Senin,2017-11-13,16:25:28

Doa Kakankemenag Siantar Untuk Ketua DPRD Pematangsiantar

Senin,2017-11-13,15:00:20

241 Siswa MAN Lima Puluh Ikuti Simulasi UBK

Senin,2017-11-13,14:45:36

Persiapan Turnamen HAB ke 72 Kemenag Sibolga Rampung


0 Komentar :