Mengulang Proses Dengan Lisan

Mengulang Proses Dengan Lisan

Sibolga (Inhum). Tidak hanya sekedar melaksanakan panen belaka, siswa XII IIS 2 MAN Sibolga setelah melaksanakan panen bersama kelompok masing masing juga diminta untuk memberikan penjelasan lisan tentang proses pelaksanaan praktik sejak awal pelaksanaan hingga masa panen dilaksanakan, presentasi dilakukan oleh ketua kelompok, dan yang mendengar tidak hanya sang guru pembimbing, akan tetapi juga oleh dua orang guru lain yang sengaja diminta bergabung.

Kepada Inhum Rabu, 22 November 2017 Guru Pembimbing Affan Bagus Handoko mengatakan, walau mungkin dalam versi pendek, akan tetapi penjelasan itu dapat memberikan gambaran bagaimana tingkat kemungkinan para siswa memahami dan menguasai tatanan proses dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Tidak hanya sebatas melaksanakan, tapi mereka juga kita minta memberikan penjelasan yang diharapkan dalam porsi selengkap lengkapnya, ini sebagai upaya kita untuk memberikan keyakinan kalau siswa dan kelompoknya sudah dapat menjalankan kegiatan yang sama tanpa harus adanya pendampingan,” demikian kata Affan Bagus Handoko.

Guru BP/BK MAN Sibolga Ermida Siregar yang ikut mendengar penjelasan siswa tentang kegiatan praktiknya kepada Inhum mengatakan kalau para siswa secara teori sudah dapat dikatakan melewati rangkaian pelaksanaan dengan baik, Ermida percaya kalau para siswa kembali melakukan praktik yang sama akan memberikan hasil yang sama pula.

“Pola ini bagus, ini menjadi catatan penting bagi guru pembimbing, dimana para siswa tidak hanya sebatas dipandang berhasil melaksanakan kinerja praktiknya, akan tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengulang kembali proses yang dilalui dengan lisan, dan ada baiknya juga jika dirangkai dengan laporan tertulis, itu akan tampak bagus,” demikian ungkap Ermida Siregar yang mengaku tertarik untuk melakukan kegiatan yang sama jika nanti memiliki kesempatan waktu. (SDP)

123 DIBACA

XII IIS 2 MAN Sibolga Panen Hasil Praktik Sawi

Gubernur Sumatera Utara Lantik Dewan Hakim MTQ ke 36

Lima Siswa MAN Kabanjahe Menerima Beasiswa dari Baznas

MTQ ke 36 Tingkat Provinsi Sumatera Utara Resmi Dibuka

Kakankemenag Karo Menerima Kunjungan Ketua BAZNAS Sumut