Rabu,2018-01-03,11:05:29

Wagubsu Pimpin Upacara HAB Kemenag RI ke 72

Wagubsu Pimpin Upacara HAB Kemenag RI ke 72

Medan (Inhum). Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr.Hj. Nurhajizah Marpaung memimpin Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 72yang dilaksanakan di Halaman Kanwil Kemenag Sumut, Rabu 3 januari 2017.

Acara tersebut dihadiri oleh Plt Kakanwil Kemenag Sumut Drs.H.Tengku Darmansah, MA, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Sumatera Utara, Pimpinan majelis-Majelis Agama Sumut, Pejabat selon III dan IV Kanwil Kemenag Sumut serta ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut.

Menteri Agama RI dalam sambutan yang dibacakan oleh Wagubsu mengatakan, fokus Kementerian Agama kedepan jangan hanya sekedar menyerap anggaran secara maksimal setiap tahun. Penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sehingga manfaatnya terasa optimal. Di sisi lain, kita juga harus giat berinovasi agar lembaga kita terasa kekinian, jangan sampai dianggap seperti mesin tua yang usang.

Menteri Agama juga berharap tahun ini semua layanan di pusat dan daerah sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi dalam Sistem pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai implementasi e-Government.

Lukman Hakim Saifuddin juga mengajak Aparatur Kemenag untuk selalu bersyukur, berbagai upaya perbaikan telah membuahkan hasil. Mengiringi usianya yang ke 72, Kemenag sukses menorehkan sejumlah prestasi. Di bidang tata kelola, mendapat opini hasil audit BPK dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan kenaikan indeks penilaian reformasi birokrasi.

Menag menyampaikan, Di bidang pelayanan haji, indeks kepuasan jemaah haji terus meningkat. Indeks kerukunan beragama berada dalam angka positif. Begitu pula dengan pelayanan nikah di KUA. Juga kenaikan pada standar mutu pendidikan agama dan keagaman di tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi. Selain itu, Kementerian Agama dinilai sebagai penyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar, pelapor LHKPN terbanyak serta beberapa penghargaan lainnya dari KPK.

Dia mengatakan, HAB Kemenag ke 72 tahun 2018 ini mengambil tema Tebarkan Kedamaian. Tema ini dipilih karena pada hakekatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama. Dan hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih saying Tuhan yang hakiki.

Menag mengajak seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian. Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menentramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera.

Setelah Upacara HAB Kemenag ke 72, dilanjutkan dengan Aksi Donor Darah yang dilakukan oleh ASN Kemenag Sumut dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sumut.

164 DIBACA
Rabu,2018-01-03,10:43:19

Pelaksanaan HAB ke 72 di MAN 2 Model Medan Berlangsung Sukses

Rabu,2018-01-03,10:17:56

Plt Kakanwil Kukuhkan Paskibra HAB Kemenag RI ke 72

Rabu,2018-01-03,10:04:55

Sekda Kabupaten Samosir Menjadi Pembina Upacara Hari Amal Bakti ke 72

Rabu,2018-01-03,08:27:59

MAN 2 Padangsidimpuan Peringati HAB Kemenag RI ke 72

Rabu,2018-01-03,05:52:31

Jelang Upacara Peringatan HAB ke 72 Kakankemenag Madina Audiensi Kepada Bupati