Tantangan Guru di Abad 21 Sangat Banyak

Tantangan Guru di Abad 21 Sangat Banyak Ketua Jurusan IPA MAN 2 Model Medan Darussalim sedang menyampaikan amanatnya di hadapan peserta upacara, Senin (08/01/2018).

Medan (Inhum). Ketua Jurusan IPA MAN 2 Model Medan Darussalim mengimbau para guru  MAN 2 Model Medan agar terus-menerus berupaya meningkatkan penguasaan atas pengetahuan dan keterampilan yang berkembang dalam dunia pendidikan modern, guna menghadapi tantangan di abad 21 yang semakin komplek dan sangat kompetitif. “Tantangan bagi kita para guru di abad 21 sangat banyak, karena itu kita secara terus-menerus harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk membenahi kekurangan kita dalam menghadapi persaingan mutu pendidikan yang terus berlangsung,” ujar Darussalim saat bertindak sebagai Pembina Upacara di ruangan guru MAN 2 Model Medan Jl. Willem Iskandar 7-A Medan pada Senin (8/1/2018).

Darussalim merincikan bahwa ada 7 (tujuh) tantangan para guru dalam menghadapi abad 21. Dari ketujuh tantangan itu,  yang ‘pertama’ adalah teaching in multicultural society; yakni mengajar di masyarakat yang multikultural dengan kompetensi multibahasa. Maksudnya, untuk mengajar di tengah masyarakat dunia yang multikultur harus menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Kedua, teaching for construction of meaning; yakni mengajar yang bermakna. Dalam hal ini, pembelajaran yang diciptakan guru harus dapat membawa siswa menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang terpuji, sehingga membawa makna yang bernilai dalam kehidupan siswa. Ketiga, teaching for active learning; yakni mengajar untuk pembelajaran aktif. Sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013, maka guru yang mengajar di abad 21 dapat menciptakan keaktifan siswa dalam pembelajaran, bukan sebaliknya, guru aktif-siswa pasif.

 Keempat, teaching and technology; yakni menyelaraskan pembelajaran dengan mempergunakan teknologi modern. Kelima, teaching with new view about abilities; yakni mengajar dengan pandangan baru untuk meningkatkan berbagai kemampuan. Keenam, teaching and choice; yakni mengajar dan pilihan, maksudnya ketika seseorang sudah memutuskan dirinya untuk menjadi guru, maka guru adalah pilihan final, sehingga seorang guru harus siap meningkatkan kualitasnya dan siap menghadapi berbagai tantangan.

Ketujuh, teaching and accountability; yakni mengajar dan akuntabilitas, maksudnya guru harus mampu bertanggung jawab penuh dengan tugas  yang diembannya, sekaligus mampu menakar tingkat kebutuhan yang harus tercapai dari pembelajaran yang dilaksanakan.

87 DIBACA

PIK-R MAN Kencana Binjai Raih Juara Debat Genre

Upacara Perdana MTsN Meranti Tahun 2018 Berlangsung Khidmat

Pengawas Kemenag Dairi Berkunjung ke MIN Sidikalang

Dandim 0206 Dairi Serahkan Bantuan Kepada MIN Sidikalang

Dandim 0206 Dairi Menjadi Pembina Upacara di MIN Sidikalang