Rabu,2018-02-07,13:41:08

Seberapa Penting Bimbingan Konseling di Sekolah

Seberapa Penting Bimbingan Konseling di Sekolah Seberapa Penting Bimbingan Konseling Di Sekolah

Medan (Inhum). Untuk mengetahui seberapa penting bimbingan konseling di sekolah, terlebih dahulu kita harus memahami apa itu bimbingan konseling. Hanya dua kata yakni Bimbingan dan Konseling tapi memiliki makna yang begitu penting. Bimbingan Konseling ialah proses pemberian bantuan yang dilakukan secara tatap muka oleh seorang ahli (disebut konselor/Guru BK) kepada individu/siswa yang sedang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) yang tertuju pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli, serta dapat memanfaatkan berbagai potensi yang dimilikinya dan sarana yang ada, sehingga individu atau kelompok individu tersebut dapat memahami dirinya sendiri untuk mencapai perkembangan yang optimal.

Lalu bagaimana bimbingan konseling disekolah MTsN 3 Medan. Di temui di kantor BK Leli selaku guru BK menjelaskan untuk BK, kita ada 3 orang saya sendiri menangani kelas IX, Ibu Sa’idah menangani kelas VIII dan untu kelas VII di tangani oleh Ibu Yani. BK sendiri dalam kinerjanya, membuat program setiap semester, bulanan dan mingguan dan laporan mengenai kinerja kami kedepannya dan tentunya sebagai evaluasi.

 

Dia mengatakan, Bimbingan Konseling (BK) di sekolah bertujuan membantu peserta didik agar memiliki kompetensi mengembangkan potensi dirinya seoptimal mungkin atau mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasainya sebaik mungkin. Pengembangan potensi meliputi tiga tahapan, yaitu: pemahaman dan kesadaran  sikap dan penerimaan, dan keterampilan atau tindakan melaksanakan tugas-tugas perkembangan.    

"Diantara program kerja kami yang paling utama ialah mendisiplikan siswa yang merupakan program unggulan di MTsN 3 Medan dimana  siswa-siswi kita yang tidak displin kita beri hukuman tapi hukumannya bersifat mendidik. Kemudian hubungan antara guru dan siswa seperti sahabat, artinya batasan-batasan tetapi diatur dan mengikuti kaidah yang berlaku, sopan santun tetap terjaga dan saling menghormati guru dan siswa tetap terjaga,’’ ujar Leli saat di temui di kantor BK, Rabu 7 Februari 2018.

Sementara itu, saat di temui terpisah Sa’idah menuturkan kita tidak saja mengatasi masalah siswa-siswi yang bermasalah tapi kita juga sebagai tempat berbagi hati atau curahan hati siswa-siswi kami, masalah yang mereka hadapi, baik masalah keluarga maupun masalah di sekolah. Dan pendekatan yang kita lakukan biasanya pendekatan personal langsung ke siswa tersebut dan tidak lupa untuk selalu berkoordinasi dengan wali kelasnya. Setelah kita mengetahui masalah siswa tersebut apa yang mereka rasa dan rasakan, kita beri solusinya dan jika masalah itu sudah di level yang dirasa perlu memberitahu orang tua siswa, maka kita akan buatkan surat pemanggilan kepada orang tua siswa.

"Jadi jelaslah BK itu sangat penting, penting untuk disekolah karena Output yang dihasilkan sangat bedampak bagi perkembangan siswa kedepannnya serta bukan hanya memecahkan masalah mereka tapi kita mengetahui potensi-pontensi yang ada dalam diri siswa," imbuh Sa’idah. [fr]

32 DIBACA
Rabu,2018-02-07,13:27:42

MAN Sidikalang Gelar Simulasi UNBK

Rabu,2018-02-07,11:00:28

MAN Peanornor Laksanakan Simulasi UNBK Ke 2

Rabu,2018-02-07,10:45:22

Siswa MIN Sihite Terima Hadiah dari Kakankemenag Humbahas

Rabu,2018-02-07,10:34:48

Polres Deli Serdang Berikan Sosialisasi Narkoba kepada Siswa MAN Lubuk Pakam

Rabu,2018-02-07,10:29:53

Semangat Hafalkan 30 Juz, Siswa MAN Dapat Hadiah


0 Komentar :