Rabu,2018-02-07,14:07:40

Mari Mengingat Hukum Archimedes

Mari Mengingat Hukum Archimedes Mari Mengingat Hukum Archimedes

Medan (Inhum). Hari ini di kelas VIII sedang ada kegiatan praktek IPA mengenai hukum Archimedes. Masih ingatkah kita mengenai hukum Archimedes. Nah biar tidak bingung dan galau mari kita belajar dari anak-anak kelas VIII-1. Pada saat kita berjalan atau berlari di dalam air, kita tentunya akan merasakan bahwa langkah kita lebih berat dibandingkan jika kita melangkah di tempat biasa. Gejala ini disebabkan adanya tekanan dari zat cair. Pengamatan ini memunculkan sebuah hukum yang dikenal Hukum Archimedes yaitu :“Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka benda tersebut akan mendapat gaya yang disebut gaya apung (gaya ke atas) sebesar berat zat cair yang dipindahkannya”.

Yus selaku guru IPA menjelaskan sesuai dengan hukum Archimedes  akibat adanya gaya apung, berat benda dalam zat cair akan berkurang. Benda yang diangkat dalam zat cair akan terasa lebih ringan dibandingkan diangkat di darat. Jadi, telah jelas bahwa berat benda seakan berkurang bila benda dimasukkan ke dalam air. Hal itu karena adanya gaya ke atas yang ditimbulkan oleh air dan diterima benda.

Dia mengatakan, agar anak-anak tidak bingung dan galau kita akan praktekan mengenai hukum Archimedes yakni dengan menyiapkan alat  berupa gelas, senduk, serbet dan bahan yang digunakan telur, serbet, air dan garam. Cara kerjanya adalah sebagai berikut gelas diberi air jangan sampai penuh, agar pada saat memasukan telur airnya tidak tumpah, pertama telur dimasukkan dalam gelas yang berisi air tanpa campuran garam kemudian amati yang terjadi, setelah itu dalam gelas dimasukan satu sendok garam dan aduk perlahan-lahan sampai merata. Amati keadaan yang terjadi pada telur tersebut, masukan lagi satu sendok garam dan aduk secara perlahan-lahan sampai merata, amati keadaan yang terjadi paada telur tersebut dan lakukan seterusnya sampai mendapatkan keadaan telur sesuai yang kita perlukan dan inginkan dan jangan lupa mencatat hasilnya.

"Ada tiga pengamatan yang akan kita amati sesuai dengan hukum Archimedes yakni benda tenggelam, melayang dan mengapung. Nah dari hasil percobaan ini kita akan mendapatkan kesimpulan benda tenggelam karena massa jenis telur > massa jenis air.  Benda melayang karena massa jenis telur = massa jenis air, benda terapung karena massa jenis telur  < massa jenis air dan garam berfungsi untuk memperbesar massa jenis air dengan begitu semakin banyak garam yang diberikan maka semakin besar pula massa jenis airnya," tutur Yus saat ditemui di ruang kelas VIII-1, Rabu 7 Februari 2018.

Harapannya semoga siswa mengerti dan paham akan praktek yang sudah dilakukan ini, dengan tujuan membuktikan peristiwa tenggelam, melayang dan mengapungnya suatu benda dan apa pengaruh garam yang dicampurkan dalam air terhadap keadaan benda tersebut.

17 DIBACA
Rabu,2018-02-07,13:41:08

Seberapa Penting Bimbingan Konseling di Sekolah

Rabu,2018-02-07,13:27:42

MAN Sidikalang Gelar Simulasi UNBK

Rabu,2018-02-07,11:00:28

MAN Peanornor Laksanakan Simulasi UNBK Ke 2

Rabu,2018-02-07,10:45:22

Siswa MIN Sihite Terima Hadiah dari Kakankemenag Humbahas

Rabu,2018-02-07,10:34:48

Polres Deli Serdang Berikan Sosialisasi Narkoba kepada Siswa MAN Lubuk Pakam


0 Komentar :