Rapat Koordinasi Tekankan KUA Kecamatan Persiapkan LPJ Kegiatan

Rapat Koordinasi Tekankan KUA Kecamatan Persiapkan LPJ Kegiatan

Kisaran ( Inhum ). Rapat koordinasi Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan se Kabupaten Asahan untuk bulan februari 2018 dilaksanakan di Aula Kankemenag Asahan dipimpin langsung oleh Kakankemenag Asahan Dr. H. Hayatsyah, M. Pd didampingi Kasubbag Tata Usaha Drs. H. Mahmudin, MM dan Kasi Bimas Islam Drs. Lahuddin Hasibuan, MM, Rabu 7 Februari 2018.

Kakankemenag menyampaikan agar Kepala KUA Kecamatan mempersiapkan segala laporan pertanggung jawaban kegiatan di KUA karena Badan Pemeriksaan Keuangan ( BPK )  sebagai lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang memiliki wewenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara akan turun ke Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara dan kita tidak tahu apakah Kemenag Asahan juga akan menjadi sampel mereka untuk pengauditan laporan pertanggungjawaban kegiatan.

Ditambahkannya bahwa kegiatan Safari Jumat sudah berjalan selama dua Minggu dan kegiatan tersebut telah diterima masyarakat dengan baik karena Kepala KUA Kecamatan memberikan tausyiah sekaligus sebagai Khatib Shalat Jumat, juga ada pemberian sumbangan Alquran kepada masjid untuk menjadi tambahan membaca bagi jamaah masjid. Sementara itu Kakankemenag Asahan ikut langsung melaksanakan Safari Jumat bersama Kepala KUA Kecamatan di setiap masjid mana yang akan dituju di wilayah Kabupaten Asahan.

Beliau juga mengingatkan tentang kedisiplinan kita dalam berpakaian dinas agar selalu memakai atribut lengkap sebagai tanda pengenal PNS, seperti pin Korpri, pin 5 NBK ( Nilai Budaya Kerja ), bet nama dan sepatu yang berwarna hitam, juga tidak ketinggalan dan harus selalu dipakai adalah peci hitam. Juga telah direncanakan untuk memakai pakaian olah raga yang seragam saat hari Jumat pagi, dan telah disampaikan ke Koperasi Kemenag Asahan untuk menyediakan seragamnya sehingga ASN Kemenag Asahan akan membelinya melalui koperasi.

"Untuk tahun 2018 ini bahwa skema SBSN ( surat Berharga Syariah Negara ) mulai diorientasikan kepada Madrasah selain   Kantor Manasik Haji di KUA Kecamatan yang telah dibangun hingga fungsinya semakin optimal sebagai Balai Nikah dan Manasik Haji, seperti di Kabupaten Asahan telah terima bantuan SBSN ke KUA Kecamatan Rahuning sebagai Balai Nikah dan manasik Haji," imbuhnya.

DIa menambahkan, tiga tahun pemerintahan Jokowi- JK Kementerian Agama mendapatkan sejumlah penghargaan. Salah satunya Kemenag didaulat sebagai pemrakarsa dan investor terbesar program Surat Berharga Syariah Negara.

"Ada tiga aspek pembangunan yaang telah dilakukan Kemenag yaitu sebanyak 839 gedung KUA telah dibangun hingga fungsinya semakin optimal sebagai Balai Nikah dan Manasik Haji sejak tahun 2014, Kementerian Agama juga telah melakukan revitalisasi gedung asrama haji minimal setara dengan hotel bintang tiga untuk kenyamanan para jamaah calon haji dan sebanyak 62 gedung baru kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ( PTKIN ) juga telah dibangun," ungkapnya.

Hayatsyah berpesan kepada seluruh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan se Kabupaten Asahan agar memperhatikan kantor serta sekelilingnya, poleslah kantor sebagaimana anda memoles rumah anda, sehingga masyarakat yang datang ke Kantor Urusan Agama pun merasa nyaman dengan kondisi kantor yang bersih, rapi dan pelayanan prima dalam melayani kepentingan masyarakat.

"Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan Hayatsyah kepada seluruh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan yang telah bersinergi dalam memeriahkan  Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 72 di Kabupaten Asahan sehingga berjalan dengan sukses tanpa adanya kendala apapun. Semoga tahun 2018 ini membawa berkah buat kita semua khususnya Kementerian Agama," akhirnya. (SM)

 

 

 

66 DIBACA

Kunjungan Silaturahim Kakankemenag Simalungun ke MTsN Tanah Jawa

Kasi PHU Madina Sampaikan Hak dan Kewajiban Jemaah Haji Indonesia Selama Di Tanah Air

Perpisahan M. Thoib Hasibuan dengan Seluruh Civitas di MTsN Tanah Jawa

Kepala KUA Natal Ketua Penyelenggara MTQ Tk Kecamatan Natal Tahun 2018

Kasi Urusan Katolik Kemenag Samosir Menjadi Rohaniawan Pelantikan Pejabat Pemkab Samosir