Siswa MTsN Meranti Laksanakan Praktik Fardu Kifayah

Siswa MTsN Meranti Laksanakan Praktik Fardu Kifayah  Pelaksanaan prakter fardu kifayah yaitu mengusung jenazah menuju kepemakaman

Kisaran (Inhum). Pengurusan jenazah merupakan pelajaran Fikih untuk kelas IX MTs semester genap. Pada hari Kamis tanggal 8 Februari 2018 di MTsN Meranti dipraktekkan ketentuan mengurus jenazah yang dibimbing oleh Abdul Kadir Sinaga, S.Pd.I.

Kadir menjelaskan bahwa mengurus jenazah hukumnya fardu kifayah, adapun kewajiban kaum muslimin yang masih hidup terhadap jenazah ada empat hal yaitu memandikan, mengkafani, mensalatkan dan menguburkan,  dari kewajiban yang berkaitan dengan harta si mayat yaitu membiayai pengurus jenazah, membayar hutang,  wasiat, dan membagi harta warisan.

Lebih lanjut Kadir menjelaskan setelah jenazah dimandikan lalu dikafani,  kain kafannya berlapis tiga untuk laki-laki dan berlapis lima untuk jenazah perempuan, sebaik-baiknya berwarna putih. Memperbanyak susunan saf dalam mensalatkan jenazah.

Kadir berharap dengan mendemonstrasikan tata cara merawat jenazah ini anak didik mampu melaksanakan fardu kifayah dengan baik dan benar menurut hukum Islam. Dan bagi anak laki-laki dapat menjadi Imam bila orang tuanya meninggal dunia.

Salah seorang peserta didik kelas IX Syahbana menyatakan senang dengan praktek fardu kifayah ini, kami jadi mengerti dan memahami tata cara merawat jenazah serta langsung bertugas memandikan, mengkafani, mensalatkan, dan menguburkan. Kami menggunakan torso mayat sebagai alat praktek, kain kafan, dan karanda. Alhamdulillah kami sudah dapat melaksanakan praktek fardu kifayah, mudah-mudahan dapat kami aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat bila ada musibah kematian.

65 DIBACA

MTsN Tanah Jawa Siap Hadapi Simulasi II UNBK

MTsn Tanah Jawa Adakan Sosialisasi UNBK

Ibadah Haji Suatu Perjalanan yang Sangat Istimewa, Luar Biasa dan Penuh Makna

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Kakankemenag Hadiri Forum Diskusi Polres Pakpak Bharat