KUA Panyabungan Fasilitasi CJH Peragaan Manasik Haji

KUA Panyabungan Fasilitasi CJH Peragaan Manasik Haji

Panyabungan (Inhum). Kantor Urusan Agama Kecamatan Panyabungan kembali memfasilitasi peragaan manasik haji bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Kecamatan Panyabungan yang digelar di Komplek Masjid Agung Nur Ala Nur Panyabungan, Rabu 7 Maret 2018.

Kepala KUA Panyabungan H. Sutan Hasibuan, S. Ag, MH menyampaikan kepada perilis berita bahwa kegiatan peragaan atau praktek manasik haji ini adalah merupakan untuk yang keempat kalinya dari tujuh kali praktek yang akan dilaksanakan.

"Peragaan praktik manasik haji ini diikuti oleh 154 orang CJH, dan diharapkan dengan pelaksanaan peragaan ini para CJH mengetahui dan mampu secara mandiri mengerjakan seluruh rangkaian ibadah haji, baik rukun, wajib maupun sunat haji yang telah ditentukan sesuai dengan kaidah yang dipersyaratkan syariat Islam, tanpa tergantung kepada pembimbing atau jamaah haji lainnya," ujarnya.

Ditambahkannya bahwa praktik manasik haji kali ini, menggelar praktek ibadah haji, yang dimulai dari persiapan dan amalan sunat yang dilaksanakan sebelum berihrom, berniat dari maktab, berangkat ke Padang Arafah tanggal 8 Dzulhijjah, tata cara dan amalan wukuf di Arafah tgl 9 Dzulhijjah sebagai puncaknya haji, bermalam di Muzdalifah, mabit di Mina, tata cara dan waktu melontar jamarat, tahallul, jamaah yang nafar awal dan nafar tsani, kembali ke makkah pada tanggal 12 Dzulhijjah bagi nafar awal dan 13 Dzulhijjah nafar tsani, untuk melakukan thawaf ifadhah dan sai.

Sutan Hasibuan juga mengingatkan kepada para CJH untuk terus menjaga fisik agar tetap sehat dan bugar, menjaga pola makan dan berlaku hidup yang sehat, dengan menghindari hal hal yang mengganggu kesehatan, berprilaku dan bersikap dengan akhlakul karimah dalam bergaul sehari hari.

Peragaan atau praktik manasik haji ini dipandu oleh H. Sutan Hasibuan, S.Ag, MH, Drs, H, Muhammad Kholid, H. Abdul Rahman, LC, H. Zulkarnain Lubis, S.Pd.I, dan Ahmad Mukhlis Pasaribu, S.Pd.I. (ARH)

68 DIBACA

Wakapolres Madina Lepas Keberangkatan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Ikuti Silaturrahmi di Mapolda

Madrasah, Hebat dan Bermartabat

Fasilitasi Seluruh Harapan dan Keinginan Siswa

Simulasi UAMBN-BK Hari Ketiga Berjalan Sesuai Rencana

Pelatihan Dakwah, Belajar Menyampaikan Ceramah