Jumat,2018-03-09,09:13:48

Guru Harus Terus Menerus Menggali Kelebihan

Guru Harus Terus Menerus Menggali Kelebihan

Sibolga (Inhum). Kepala MAN Sibolga Muallim mengatakan, salah besar jika para tenaga pendidik masih berfikir untuk memendam kemampuan dan tidak menularkannya kepada banyak pihak, salah besar jika masih ada guru yang menganggap ilmu yang harus ditransfer hanya sebatas pada apa yang tercantum dalam kurikulum, itu adalah pemikiran kurang layak diteruskan, karena sikap itu akan melahirkan kerugian.

Kepada Inhum Kamis, 8 Maret 2018 Muallim lebih tegas mengatakan, kalau hanya sebatas menyampaikan apa yang dituntut kurikulum, itu baru mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) saja, jika dibanding dengan siswa, itu baru titik awal atau batas kewajiban, tidak lebih tidak kurang, atau paspasan. Padahal menurut Muallim, untuk upaya menciptakan generasi super itu saja tidak cukup, harus ada ambisi kuat untuk melampaui apa yang tertera pada ketentuan, bila perlu berlipat ganda.

“Jika tenaga pendidik hanya mampu menyampaikan sebatas pada tuntutan kurikulum, tidak ada upaya lebih dan upaya mengekploitasi kemampuan, seperti yang saya sampaikan diatas, semuanya akan mengalami kerugian, bukan hanya siswa yang kehilangan kesempatan untuk mendapatkan tambahan ilmu, tapi juga si guru yang kehilangan kesempatan untuk berkembang, kehilangan peluang untuk meningkatkan kemampuan,” demiukian kata Muallim.

Guru lanjut Muallim harus tampak nyata memiliki posisi lebih, tidak hanya sebatas memenuhi standar minimal. Semua harus menunjukkan kemampuan melebihi keinginan ketentuan, harus ada komitmen menjadi orang terbaik, terserah dirumah, dimadrasah dan dilingkungan sekitar. Guru harus memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan masyarakat umum.

“Walau terdengar agak ekstrim, tapi kita memang harus berani jujur dan tegas. Guru harus memiliki kelebihan yang bila perlu sangat tinggi, karena kelebihan itulah yang menjadi titik pasti kalau yang bersangkutan benar benar guru, benar benar pendidik. Tanpa kelebihan apa apa, maka profesi gurunya perlu dipertegas lagi, sehingga guru harus secara terus menerus menggali kelebihan” jelas Muallim. (SDP)

39 DIBACA
Jumat,2018-03-09,08:57:06

Bersiap Siap Hadapi Gladi Bersih UNBK 2018

Jumat,2018-03-09,08:54:48

Jangan Salah Pilih, Ini 10 Ciri Teman Yang Buruk

Jumat,2018-03-09,06:29:15

Kemenag Madina Gelar Sosialisasi Juknis BOS Madrasah Tahun 2018

Jumat,2018-03-09,06:22:26

20 Fadhilah dan Keutamaan Zikir

Kamis,2018-03-08,21:27:46

Kakankemenag Madina Hadiri Silaturrahmi FKPD Sumut dengan Tokoh Agama


0 Komentar :