Penilaian Tengah Semester Selesai Hari Ini

Penilaian Tengah Semester Selesai Hari Ini

Sibolga (Inhum). Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran 2017-2018 MAN Sibolga berakhir hari ini Sabtu, 10 Maret 2018, dengan demikian rangkaian berikutnya yang akan dihadapi para tenaga pendidik adalah melakukan koreksi dan akumulasi penilaian yang dalam rencana akan diserahkan kepada siswa paling lambat pertengahan minggu depan.

Kepada Inhum, WKM I Kurikulum MAN Sibolga Herliana Tambunan mengatakan, PTS dimaksudkan untuk mengukur kemampuan awal siswa pada petengah semesteran, hasil dari pelaksanaan PTS ini penting bagi semua yang ada dimadrasah, bagi para tenaga pendidik hasil tersebut sebagai ukuran tindakan, apakah memerlukan remedial atau pengayaan.

“Hasil PTS juga penting bagi siswa, hasil ini menjadi gambaran bagi masing masing tentang kemampuan yang bersangkutan dalam menjawab materi yang disampaikan oleh guru selama ini, dapat menjadi cerminan bagus untuk membaca diri, dimana letak kekurangan yang harus dikendalikan dan dimana letak kelebihan yang layak dikembangkan,” demikian kata Herliana Tambunan.

Sejalan dengan itu, Kepala MAN Sibolga Muallim kepada Inhum mengatakan, bagi madrasah hasil PTS akan memberikan gambaran umum kemampuan siswa dalam pembelajaran, dan tidak hanya siswa, madrasah juga dapat memiliki gambaran tentang hasil perolehan guru dalam menyampaikan pembelajaran, karena jika ternyata dalam satu rombel keseluruhan atau lebih 70% tidak tuntas, maka yang layak dipertanyakan adalah gurunya.

“Ini yang menjadi alasan penting kenapa kita meminta seluruh guru melakukan analisis hasil ujian, termasuk analisis butir soal. Ini akan memberikan gambaran yang bermanfaat bagi semuanya, dimana letak kurangnya menjadi lebih jelas, dengan begitu, kita dapat membangun perencanaan berikutnya agar lebih maksimal,” harap Muallim. (SDP)

57 DIBACA

Bahaya Sampah Dalam Kehidupan Manusia

Jangan Abaikan Kekuatan Doa

Lima Budaya Kerja Modal Kita Dalam Setiap Pelaksaan Tugas

Karommah Kota Pematangsiantar Berakhir

MAN 2 Model Medan Juara I LKTI Agriment Himahagri FP UISU