MAN Kabanjahe Gelar Gladi Bersih UNBK Hari Kedua

MAN Kabanjahe Gelar Gladi Bersih UNBK Hari Kedua

Kabanjahe (Inhum). Gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari kedua Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabanjahe kembali dilaksanakan, Selasa (13/03). Dalam pelaksaan simulasi tahap III hari kedua ini diikuti oleh 157 orang siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabanjahe.

Proktor UNBK Abdurrahman menjelaskan bahwa seluruh siswa berjumlah 157 orang, untuk jurusan IPA berjumlah 62 orang, untuk jurusan IPS berjumlah 70 orang dan untuk jurusan keagamaan berjumlah 25 orang.  mereka terbagi menjadi dua ruangan dan tiga sesi. Kemudian Ahmad Yani menambahkan bahwa pelaksanaan UNBK untuk tahun ini menggunakan empat server, dua server utama dan dua server cadangan. Sementara itu MAS Ad-Dinu Wan Najah dan Sirajul Huda yang berada pada KKM MAN Kabanjahe juga turut mengikuti gladi bersih UNBK pada hari kedua yang berjumlah 12 orang.

Dalam gladi bersih pada hari kedua ini kepala Madrasah Aliyah Negeri Kabanjahe Hotman Efendi Tanjung kembali memonitoring pelaksanaan UNBK didampingi oleh WKM Kurikulum Bukhori dan WKM Sarpras Desi Safitri. Dia menuturkan tujuan dari pelaksanaan gladi Bersih UNBK ini adalah mengenalkan aplikasi UNBK sebagai sebuah sistem ujian nasional dimana dalam pelaksanaannya menggunakan media komputer. Di samping itu Pemerintah mengadakan program UNBK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan utamanya untuk program ujian nasional, selain itu UNBK juga bertujuan untuk dapat meredam banyaknya indikasi kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional, sehingga akan mampu untuk menumbuhkan minat belajar dikalangan siswa/i. Jelasnya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa fungsi lain dari simulasi UNBK tahap III ini juga bukan hanya sebagai wadah pembelajaran bagi siswa/i untuk menghadapi ujian nanti, tetapi ini juga merupakan prakondisi bagi guru-guru yang menjadi petugas sebagai Panitia pelaksaan UNBK nanti, mereka akan belajar dan memiliki pengalaman dari simulasi ini, apa yang menjadi kendala dan apa saja yang perlu dipersiapkan sebagai langkah antisipasi, apalagi tahap simulasi UNBK ketiga ini merupakan gladi bersih UNBK utama, pungkasnya. (ays)

78 DIBACA

Perkuat Iman dan Ibadah Sebagai Benteng Menghadapi Fitnah Syahwat

DWP Kemenag Humbahas Gelar Pertemuan Bulanan

Mengintip Ujian Praktik Kelas IX MTsN 3 Medan

Membiasakan Lima Belas Menit Membaca

Kasubbag Tata Usaha Buka Pelaksanaan Pembuatan Soal USBN