Sekretaris Pokjaluh Kemenag Madina Narasumber Pelatihan Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN

Sekretaris Pokjaluh Kemenag Madina Narasumber Pelatihan Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN Sekretaris Pokjaluh Kemenag Kab. Mandailing Natal Muhammad Iqbal, S.Sos.I sebagai Narasumber pada pelaksanaan kegiatan Pelatihan Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN Lingkungan Masyarakat, yang digelar di Aula Hotel Madina Sejahtera Panyabungan.

Panyabungan (Inhum). Sekretaris Pokjaluh Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal Narasumber pada pelaksanaan kegiatan Pelatihan Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN Lingkungan Masyarakat, yang digelar di Aula Hotel Madina Sejahtera Panyabungan.

Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 20 orang peserta yang terdiri dari Kepala Desa dan Naposo Nauli Bulung, yang berasal dari desa Tebung Tinggi, Padang Laru, Hutatinggi, dan Purba Lamo dengan masing masing utusan sebanyak 5 orang per desa.

Hal ini disampaikan Sekretaris Pokjaluh Muhammad Iqbal, S.Sos,I kepada perilis berita Kemenag Mandailing Natal Armen Rahmad Hasibuan, Senin 9 April 2018.

Acara ini dibuka oleh Kepala BNNK Mandailing Natal Bapak AKBP. Saharuddin Bangko, SH, MBA, dalam arahannya pada saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa masalah Narkoba adalah merupakan tanggung jawab kita bersama, termasuk peran masyarakat untuk menjaga dan memelihara diri, keluarga, dan masyarakatnya dari pemakai atau pengedar narkoba, serta berupaya mencegah masuknya narkoba dan sejenisnya ditengah keluarga dan masyarakat.

Selain itu Dia juga berharap kepada seluruh aparat dan lapisan masyarakat Desa untuk dapat memberikan informasi dan mensosialisakan tentang bahaya pemakaian dan penyalahgunaan Narkoba, serta parat penegak hukum untuk mencegah dan memberantas penggunaan dan pengedaran narkoba di Kabupaten yang berjuluk Nageri Beradat Taat Beribadah ini.

Sementara itu Muhamamd Iqbal saat sebagai narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan Narkobadalam istilah fiqihnya disebut Al-Mukhaddirat­  itu sama seperti konsumsi Khamr yang dikatakan oleh jumhur ulama dari kalangan 4 madzhab, yang bisa menghilangkan akal dan kesadaran, dan efeknya adalah menghilangkan fungsi dan tujuan akal dan kesadaran diri, maka hukumnya adalah haram.

Ditambahkannya bahwa Allah SWT sangat melaknat para semua pelaku yang terlibat dengan transaksi Narkotika, sebagaimana Hadits Rasulullah Saw. dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Jibril telah datang kepadaku dan berkata: “Wahai Muhammad sesungguhnya Allah telah melaknat (dalam masalah khamr) ini adalah produsen (pembuatnya), distributor (pengedarnya), penjual-nya, pembelinya, peminumnya, pemakan uang hasilnya, pembawanya, yang dibawakan untuknya, penuangnya, (orang) yang dituangkan (khamr) untuknya”. (Diriwayatkan Imam Ahmad dengan sanad shahih, dan Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya, serta Al-Hakim, dan dikatakan shahih oleh Mundziri).

Akhir zaman ini manusia banyak yang tidak takut pada Allah dan tidak peduli lagi dengan orang lain, dia hanya menuruti hawa nafsu syaithon, padahal Syaithon jelas-jelas tidak suka pada manusia baik-baik, Syaithon hanya ingin permusuhan dan menghalangi manusia lupa mengingat Allah, dengan mengutip Firman Allah SWT pada surah Al-Maidah ayat yang ke :91.

Ditegaskan Muhamamd Iqbal bahwa Narkoba merupakan ancaman serius bagi generasi penerus bangsa, disemua lini kehidupan telah diserang. Kalau tidak ada kerja sama yang baik dari semua pihak maka hancurlah bangsa ini, demikian juga kalau tidak ada lagi ketegasan aparat penegak hukum maka hancurlah sendi sendi kehidupan kita .

"Karena itu bersama BNNK dan Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal yaitu Pojaluh mengajak semua unsur masyarakat untuk menjadi penggiat anti Narkoba," ungkapnya.

Kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli. Mereka para pebisnis haram ini selayaknya mendapat sanksi berat. Berapa banyak anak negeri ini yang jadi korban atas penyalahgunaan Narkoba ini.

Bagi penyalahgunaan Narkoba bersegeralah untuk “Berhenti dan jangan ada keinginan atau niat untuk mencoba cobangaya, dan mari kita  jadikan diri kita ini sebagai penggiat Anti Narkoba, tanda Sekretaris Pokjaluh. (ARH)

58 DIBACA

Kakankemenag Pakpak Bharat Monitoring UNBK di MAS SIbande

Bijaklah Bermedia Sosial Demi Keutuhan NKRI

Server Jaringan, Komputer Klen Semua Berjalan Lancar

MAN Kabanjahe Ikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer Untuk Tahun Kedua

Tinjau Pelaksanaan UNBK, KakanKemenag Humbahas Pesankan Agar Siswa Jujur