Perilis Berita Kemenag Madina Bimbing CJH Kecamatan Kotanopan Peragaan Manasik Haji

Perilis Berita Kemenag Madina Bimbing CJH Kecamatan Kotanopan Peragaan Manasik Haji H. Armen Rahmad Hasibuan, S. Ag yang juga dalam kesehariannya selaku Perilis Berita Kemenag Mandailing Natal, bimbing CJH peragaan / simulasi manasik haji

Panyabungan (Inhum). Sebanyak 32 orang Calon Jamaah Haji (CJH) Kecamatan Kotanopan dan Muarasipongi yang tergabung dalam Bimbingan Manasik Haji yang difasilitasi oleh KUA Kecamatan Kotanopan mengikuti peragaan atau simulasi manasik haji pada hari Selasa, 10 April 2018.

Kegiatan peragaan manasik haji ini dipandu dan dibimbing langsung oleh H. Armen Rahmad Hasibuan, S. Ag yang juga dalam kesehariannya selaku Perilis Berita Kemenag Mandailing Natal, dan dilaksanakan dengan sistem pemberangkatan CJH Indonesia gelombang I yaitu berangkat dari Embarkasi menuju Bandara Amir Muhammad Madinah.

Dalam bimbingan peragaan manasik hajinya, Armen Rahmad Hasibuan memulainya dengan kegiatan kegiatan CJH selama berada di Madinah, yaitu melakukan shalat arbain, ziarah ke makam Rasulullah, raudhah dan berziarah ke tempat tempat suci dan bersejarah lainnya, yang dilanjutkan dengan persiapan mengerjakan umroh.

“Dalam peragaan manasik haji terakhir ini, Armen Rahmad Hasibuan memberikan bimbingan kepada para CJH pria tentang tata cara memakaikan 2 (dua) helai kain ihrom yang berwarna putih, hal hal yang harus dilakukan sebelum berniat ihrom, cara mengambil niat umroh dengan miqot di Zulkhulaifa Bir Ali, thawaf, sai dan tahallul,” ujarnya.

Setelah selesai melaksanakan umroh, Perilis Berita Kemenag Mandailing Natal ini, membimbing para CJH Mandailing Julu ini memperagakan dan mensimulasikan praktek ibadah haji, mulai dari jamaah haji berihrom, dan berniat haji dari Maktab, sampai dengan sistem pemberangkatan jamaah dari Maktab menuju Padang Arafah pada tanggal 8 Zulhijjah melalaui sistem Taroddudi, tata cara wukuf Arafah yang merupakan Rukun Haji.

Armen Rahmad Hasibuan juga menjelaskan tentang Muzdalifah, mabit di Mina, tempat dan waktu melontar jumroh pada tanggal 10, 11, 12 Zulhijjah bagi yang nafar awal, serta sampai pada tanggal 13 Zulhijjah melontar jumroh bagi jamaah yang mengambil  nafar tsani, yang seterusnya menyampaikan dengan terang kepada CJH tentang ketentuan melaksanakan thawaf ifadhah/haji, sai dan tahallul.

Pria asal Padangsidimpuan ini, sangat merasa bersyukur karena sejak mulai hingga berakhirnya peragaan manasik haji ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar, walaupun dibawah panas terik matahari yang cukup menyengat, tetapi semangat dan kesungguhan para CJH untuk mengikuti peragaan ini tidak surut dan kendor, dan sekali kali pria yang berasal dari Kota Salak berguyon dan bercanda yang membuat para jamaah terhibur dan bertambah semangat mengikutinya.

Para CJH nampak cukup antusias mengikutinya dan selalu bertanya jika mereka menemukan hal hal yang belum dipahami dan dimengerti tentang tata caranya. Melalui peragaan manasik haji ini diharapkan para CJH mendapatkan gambaran dan pemahaman yang jelas dan baik tentang prosesi haji dan umrah serta mampu melaksanakan ibadah haji di tanah suci nantinya, mulai dari memakai kain ihrom, niat, thowaf, sa’i, saat wukuf di arofah, saat melempar jumroh, serta pelaksanaan wajib, dan rukun haji lainnya, demikian juga baik sewaktu berada di kota Madinah, Makkah, Padang Arafah, Muzdalifah maupun di Mina dapat melaksanakan ibadah dengan baik sesuai dengan yang disyariatkan, ujar Wakil Ketua DPD IPHI Mandailing Natal ini,

Kepala KUA Kotanopan Drs. Mhd Yasid beserta staf Zulkarnaen Parinduri terus aktif mendampingi para CJH Mandailing Julu ini selama pelaksanaan peragaan dan simulasi manasik haji ini, dan berharap para CJH ini diberikan kesehatan dan kesempatan oleh Allah SWT menunaikan ibadah haji yang tinggal beberapa bulan lagi, dan meraih haji dan hajjah mabrur, aamiin. (ARH)

67 DIBACA

Awal Ramadhan, Kemenag Langkat Targetkan Gema Adzan di Dusun Bangun

Kedisiplinan Adalah Kunci Keberhasilan

UNBK MAS Lahewa Berjalan Lancar

Kepala KUA Panyabungan Terus Berupaya Wujudkan CJH Mandiri

Sekretaris Pokjaluh Kemenag Madina Narasumber Pelatihan Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN