Rabu,2018-04-11,10:53:04

Kakankemenag Asahan Tergabung Dalam Pakem Asahan Adakan Kunjungan ke FKUB Bali

Kakankemenag Asahan Tergabung Dalam Pakem Asahan Adakan Kunjungan ke FKUB Bali Tim Pakem Asahan foto bersama Ketua FKUB Bali sekaligus Ketua Asosiasi FKUB Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahat

Kisaran ( inhum ). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan Dr. H. Hayatsyah, M. Pd menyampaikan kepada Humas Kemenag Asahan Srie di ruang kerjanya Selasa 10 April 2018 bahwa Tim Pakem ( Pengawasan Aliran dan Kepercayaan Masyarakat ) Kabupaten Asahan  telah diterima dengan baik oleh Ketua FKUB Bali sekaligus Ketua Asosiasi FKUB Indonesia  Ida Pengelingsir Agung Putra Sukahat di Puri Den Bencingah  Jalan T. Umar no. 51 Bali, sewaktu kunjungan Tim Baker Asahan ke Bali 5 April 2018 .

Ida Pengelingsir menyampaikan bahwa kerukunan umat beragama di Bali sangatlah terjalin dengan erat dan sangat baik bahkan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya yang ada di Indonesia. Mayoritas agama di Bali adalah Hindu, pada saat hari Nyepi jatuh pada hari Jumat , sedangkan umat Islam melaksanakan  Shalat Jumat , semua itu tetap bisa berjalan dengan baik dan harus saling menghormati sesama umat beragama tanpa ada persoalan dalam pelaksanaannya.

Sebagai tujuan wisata utama dunia, Bali amat sangat terkenal dengan derajat kerukunan umat beragama yang sangat tinggi, ucapnya.

Ketua Pakem Asahan  Robert Hutagulung memberikan apresiasi  terhadapn tingginya rasa saling pengertian antara umat Hindu dan umat agama lainnya, saling menghormati sesama pemeluk agama walaupun mayoritas penduduknya beragama Hindu yang terdapat komunitas agama-agama lain yang cukup signifikan dan telah hidup berdampingan secara damai sejak lama.

Dalam pertemuan tersebut, Hayatsyah mempertanyakaan kepada Ida Pengelingsir tentang cara Bali menyemai kedamaian, menyelesaikan konflik dan antisipasi  terhadap aliran yang menyimpang. Dia menjawab dengan jawaban yang sangat baik dan dapat diterima akal sehat bahwa intinya umat beragama tidak perlu ragu terhadap Pancasila karena nilai dalam Pancasila bersesuaian dengan agama. Karenanya, Pancasila adalah titik temu pandangan umat beragama. Kerukunan  adalah keharusan dalam kehidupan bangsa dan musyawarah adalah keharusan untuk kerukunan.

Tim Pakem Asahan yang berangkat ke Bali tersebut terdiri dari unsur kejaksaan Negeri Asahan, Pemkab Asahan, Kemenag Asahan, Kepolisian Resort Asahan , Ketua FKUB Asahan dan unsur kedinasan lainnya. (sm)

 

40 DIBACA
Rabu,2018-04-11,08:41:29

Apel Pagi Merupakan Momentum Untuk Beriteraksi dengan Siswa

Rabu,2018-04-11,00:11:06

Pengawas Harus Mampu Menjaga Kondusifitas Pelaksanaan UNBK

Selasa,2018-04-10,23:58:18

Laporkan Progress UNBK Melalui Grup WA dan Telegram

Selasa,2018-04-10,23:18:50

Pengawas Penmad Monitoring Pelaksanaan UNBK MAN Binjai

Selasa,2018-04-10,21:05:22

Tim Monitoring Disdik Provsu Pantau Pelaksanaan UNBK pada MAN Pematangsiantar