KSM Harus Melahirkan Generasi Jujur, Berintegritas dan Pekerja Keras

KSM Harus Melahirkan Generasi Jujur,  Berintegritas dan Pekerja Keras

Panyabungan (Inhum). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Irfansyah Nasution, S. Ag, MM secara resmi membuka perhelatan akbar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten Mandailing Natal bertempat di Lapangan Upacara MAN Panyabungan, Sabtu 12 Mei 2018.

Kasubbag TU pada saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa Kompetisi Sains Madrasah adalah sebuah ajang kompetisi di bidang sains, yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif, melalui kompetisi budaya belajar, kreativitas, dan motivasi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas, nilai-nilai kejujuran, keislaman kerja keras.

Ditegaskannya penyelenggaraan KSM ini menunjukkan bahwa pendidikan madrasah tidak hanya mempelajari dan menguasai ilmu ilmu agama saja, tapi juga mempelajari dan menguasai pengetahun dan ilmu ilmu sains, sama dengan yang dipelajari oleh para siswa di sekolah umum.

Irfansyah Nasution menekankan kepada para peserta bahwa KSM ini juga harus dapat menanamkan pada diri anak didik, sikap bangga sebagai warga madrasah malu, dan tidak malu atau berkecil hati belajar di madrasah.

Diakhir arahannya Irfansyah Nasution berharap dengan penyelenggaraan KSM, harus benar-benar dapat melahirkan generasi yang jujur, berintegrasi, dan pekerja keras, disamping melahirkan ilmuwan yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), tapi juga beriman dan berakhlakul karimah.


Sementara itu Ketua Panitia H. Abdul Muis, MA menyampaikan bahwa kegiatan KSM ini diikuti oleh 524 orang siswa yang terdiri dari, tingkat MI sebanyak 24 orang, tingkat MTs sebanyak 258 orang, dan tingkat MA sebanyak 242 orang, dengan mata pelajaran yang diperlombakan untuk MI 2 mata pelajaran yaitu matematika terintegrasi dan sains IPA terintegrasi,  untuk MTs 3 mata pelajaran yaitu matematika terintegrasi, IPA terintegrasi dan IPS terintegrasi, sedangkan MA dengan 6 mata pelajaran yaitu matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, fisia terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi dan geografi terintegrasi.

KSM digelar di dua lokasi penyelenggaraan yaitu di MTsN dan MAN Panyabungan dan berlangsung sampai pukul 10.00 Wib, dan hasil dari KSM ini akan diumumkan pada hari Senin, 14 Mei 2018, dan para peserta terbaik KSM ini akan menjadi duta duta Kemenag Mandailing Natal dalam mengikuti KSM Tingkat Provinsi Sumatera Utara nantinya, pungkas Abdul Muis Lubis.

Walaupun dalam suasana cuaca yang mendung di pagi hari, pantauan perilis Berita Kemenag Mandailing Natal, nampak para peserta yang datang dari 23 Kecamatan Sekab, Mandailing Natal  tetap semangat dengan motivasi memberikan yang terbaik, demikian juga para panitia dan pengawas KSM yang berasal dari ASN Kemenag, para Kepala KUA dan Pengawas Madrasah, KSM berlangsung dengan baik , dan lancar. (ARH)

41 DIBACA

Berkompetisi Sehat dan Tunjukkan Kemampuan

Kemenag Nias Utara Programkan Safari Ramadan

Tunjukan Kualitas Diri Kita Sebagai ASN Kemenag

Akhwat MAN Binjai Gelar Gladi Resik Manasik Haji

Universitas Tjut Nyak Dien Jalin Kerjasama dengan MAN Binjai