MTsN 1 Asahan Gelar Punggahan Menyambut Ramadan

MTsN 1 Asahan Gelar Punggahan Menyambut Ramadan Foto Acara Punggahan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H

Kisaran (Inhum). MTsN 1 Asahan menggelar acara punggahan (silaturrahmi dan saling memaafkan) untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 1439 H di halaman pendopo dengan makan bersama.  Acara dimulai pukul 07.30 wib dengan pelantunan lafaz  asmaul husna bersama-sama dipimpin oleh Wahyu Alfarizi (kelas VII/c).  Kemudian acara dilanjutkan dengan mendengarkan taushiyah  yang disampaikan oleh Al-Ustadz Aswiluddin Rambe seorang muballigh muda Asahan.

Dalam taushiyahnya Aswiluddin Rambe mengingatkan agar puasa ramadhan dapat dilakukan dengan baik dan bernilai pahala, maka jangan lupa meminta maaf kepada sesama terkhusus kepada kedua orang tua. “Kita pasti punya salah dan khilaf apalagi kepada orang tua, mungkin sudah banyak kita membuat hati keduanya tersakiti dengan sikap dan prilaku kita, maka mohonlah maaf dengan  bersimpuh di kakinya, peluk dan cium sayang keduanya, InsyaAllah Ramadhan yang suci kita sambut dengan kesucian diri kita.” papar Aswil.

Kemudian Dia menjelaskan di akhir Sya’ban nanti pada sore hari  agar kita mandi sunnah taubat dilanjutkan setelah maghrib melaksanakan  shalat sunnah taubat 2 rakaat, lalu memperbanyak istighfar minimal 7x untuk mendapatkan ampunan Allah SWT.

Acara taushiyah ditutup dengan doa  dengan lantunan senandung istighfar yang syahdu dari semua warga madrasah sembari merenung dan bermuhasabah diri, bahkan beberapa guru dan siswa tanpa disadari sampai meneteskan air mata. “ Marhaban Ya Ramadhan”.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan kreatifitas islami secara bergilir masing-masing utusan kelas. Ada yang membawakan senandung  dzikir, mengaji tilawah al-Qur’an, asmaul husna dll.   Setelah selesai tampilan seluruh utusan, lalu dilanjutkan dengan makan bersama. 

Elda Ayumi (Kepala madrasah) menjelaskan:”Acara punggahan ini digelar dengan harapan untuk mendapatkan barakah dari Allah sehingga nasi yang kita makan menjadi kekuatan dan kesehatan  lahir batin kita untuk menjalankan puasa”.  (RL/Maghza).

20 DIBACA

Semangat Ikuti Bimtek

Berita Menarik, Mengandung Nilai Aneh

Pelepasan Tim Safari Ramadhan MTsN Sibolga

Terima Terbaik II, Kakankemenag Sergai Apresiasi Admin Penulis Berita

Menjadikan Kementerian Agama Sebagai yang Terbaik Melalui Bimtek TIK