Mesin Penghitung Uang Bantu Percepat Penghitungan ZIS

Mesin Penghitung Uang Bantu Percepat Penghitungan ZIS Petugas Bank Sumut Syariah Cabang Kisaran sedang menghitung uang zakat, infak dan shadaqah Pemerintah Kabupaten Asahan tahun 2018

Kisaran ( Inhum ). Delapan ratus delapan juta enam ratus enam puluh tiga ribu rupiah ( Rp. 808.663.000,- ) dana yang terkumpul melalui pengumpulan zakat, infak dan shadaqah Pemerintah Kabupaten Asahan tahun 2018 dibantu penghitungannya melalui mesin penghitung uang milik Bank Sumut Syariah Cabang Kisaran. Hal ini dilakukan untuk menyamakan perhitungan secara manual yang dilakukan petugas pengumpul zakat, infaq dan shadaqah dengan cepat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Minggu 10 Juni 2018.

Sejak tahun 2011 Pemerintah Kabupaten Asahan telah memilih Bank Sumut Syariah sebagai tempat penyimpanan dana zakat , infaq dan shadaqah  Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Asahan begitu juga dengan PNS Kementerian Agama Kabupaten Asahan.

Pengumpulan zakat, infak dan shadaqah Pemerintah Kabupaten Asahan tahun 2018  dilaksanakan disetiap satu minggu sebelum  bulan Syawal tiba. Saat pengumpulan berlangsung , biasanya petugas pengumpul menghitung uang secara manual semua dana zakat, infak dan shadaqah dalam bentuk tunai. Setelah dihitung sesuai dengan yang tertera secara tertulis disurat pernyataan muzakki maka pengumpul akan memberikan muzakki selembar kwitansi , dan uang tersebut diberikan kembali ke petugas Bank Sumut Syariah untuk membantu menghitung di mesin penghitungan uang.

Hal ini terpaksa dilakukan agar dana dari muzakki tersebut dapat dihitung dengan cepat dan akurat. Bilamana ada selisih dari penghitungan manual dengan penghitungan mesin maka uang muzakki tersebut harus diulang kembali dalam penghitungannya , intinya harus ditemukan kesamaan antara penghitungan manual dengan mesin penghitung uang.

Petugas Bank Sumut Syariah sudah terlatih dalam pengumpulan zakat, infak dan shadaqah Pemerintah Kabupaten Asahan yang setiap tahun dilaksanakan , dan tidak pernah ditemukan selisih antara penghitungan manual dengan penghitungan mesin uang. Kepala Bank Sumut Syariah Cabang Kisaran hadir dan pantau langsung dalam penghitungan dana zakat, infaq dan shadaqah Pemerintah Kabupaten Asahan tersebut.

Dikatakannya, “ Saya akan menugaskan anggota saya yang terbaik dan terlatih dalam soal penghitungan uang dan terlatih dalam penggunanaan mesin penghitung uang karena saya akan malu jika terjadi selisih uang yang besar dan kesalahan di pihak kami, tetapi selama ini alhamdulillah kita tidak pernah mengalami selisih penghitungan baik secara manual maupun dengan menggunakan mesin penghitung uang ”.

Seperti saat ini , penghitungan dana zakat, infak dan shadaqah Pemerintah Kabupaten Asahan tahun 2018 tidak menemukan kesalahan dan semua berjalan dengan baik. Penghitungan dana secara manual dengan penghitungan dengan mesin penghitung uang hasinya sama delapan ratus delapan juta enam ratus enam puluh tiga ribu rupiah / Rp. 808.663.000,-.(sm) 

38 DIBACA

Kakankemenag Asahan Laporkan Hasil Pengumpulan ZIS 2018

ZIS Kabupaten Asahan Mengalami Kenaikan 3,60 Persen

Tim Safari Ramadan MAN 2 Tanjung Pura Adakan Kegiatan Penutup

Tim Monitoring Kunjungi Posko Safari Ramadan MANDALA

MIN Sidikalang Laksanakan Rapat Akhir Tahun Pelajaran 20170-2018