Berbaik Sangka Akan Melahirkan Kebaikan

Berbaik Sangka Akan Melahirkan Kebaikan

Kabanjahe (Inhum). Kehidupan akan terasa bermakna indah dan nyaman ketika sesama manusia dapat rukun dan damai. Sikap tolong menolong, kerjasama, rasa peduli dalam suatu kelompok masyarakat merupakan suatu hal penting untuk dapat terciptanya suasana yang nyaman tersebut. Begitu juga dalam kehidupan kita di madrasah, sikap tolong menolong, kerjasama dan rasa peduli itu perlu dibina, dipelihara dengan baik sehingga tidak terjadi suudzan atau perasaan saling curiga. Agar ketentraman dan kenyamanan itu tetap terjaga, maka salah satu hal yang harus ditanamkan dalam diri kita masing-masing adalah menanamkan sikap husnuzhan (berbaik sangka) atau dengan bahasa lainnya positive thinking.

Hal tersebut disampaikan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karo Drs. Hotman Efendi Tanjung, MMpd kepada Bapak/Ibu guru di ruangan tata usaha madrasah, Selasa 10 Juli 2018.

Lebih Dia menuturkan, sikap berbaik sangka merupakan perintah Allah SWT kepada manusia untuk menjaga hubungan baik sesama manusia. Sikap ini juga akan memberikan pengaruh positif dalam diri manusia. Ia akan terhindar dari segala macam penyakit hati, diantaranya dengki, iri hati, dendam, yang semuanya dapat merusak diri manusia tersebut, baik fisik maupun mentalnya.

"Bahkan dapat merusak keharmonisan dalam kehidupan di masyarakat atau lingkungan tempatnya beraktifitas. Oleh karena itu, sikap berbaik sangka terhadap sesama dapat menjadikan manusia itu sehat, baik sehat fisik maupun sehat mentalnya,"  tegasnya.

Dia menyampaikan, sikap berbaik sangka ini dapat dikelompokkan ke dalam tiga bagian. Pertama, berbaik sangka dengan Allah SWT, di mana kita selaku hamba Allah hendaknya selalu berbaik sangka kepada Allah terhadap apapun kondisi yang kita rasakan. Jangan pernah mengeluh, marah dan apalagi sampai mengatakan Allah tidak adil.

“Kedua, berbaik sangka kepada manusia (orang lain). Kita yang hadir saat ini haruslah berbaik sangka dengan teman dan saudara kita," tambahnya.

“Ketiga, berbaik sangka kepada diri sendiri, yakni memiliki kemampuan untuk dapat berbuat sesuatu. Keyakinan ini akan melahirkan motivasi dalam berbuat dan bertindak yang pada akhirnya memberikan keberhasilan dan kesuksesan dalam mengarungi kehidupan ini,” tutupnya. (ays)

 

189 DIBACA

Pemkab Batu Bara Gelar Manasik Haji

Daftar Ulang Peserta Didik Baru MTsN Kabanajahe

CJH Madina Tergabung Dalam Kloter 3 dan 8

SMAK St Thomas Samosir Seleksi Siswa Baru Gelombang II

BDK Medan Laksanakan DDWK di Kemenag Tanjungbalai