Guru Wajib Update Data di SIMPATIKA

Guru Wajib Update Data di SIMPATIKA

Medan (Inhum). Setiap guru dan madrasah memiliki kewajiban mengupdate data madrasah dan data guru setiap semester melalui program aplikasi Sistem Informasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Kemenag (SIMPATIKA).

“Baik madrasah maupun guru harus mengaktifkan database masing-masing. Jika tidak maka database mereka akan ditangguhkan bank atau mungkin dihapus secara permanen karena pemberkasan untuk tunjangan guru berdasarkan database yang ada di SIMPATIKA,” kata Plt Kakanwil Kemenagsu Drs.H.T. Darmansah, MA saat membuka acara Workshop Pendataan Guru Berbasis online (SIMPATIKA) Angkata I di Hotel Saka Medan, Rabu 11 Juli 2018.

Plt Kakanwil Kemenagsu menjelaskan, SIMPATIKA sebagai sistem online pengendali dan pengawasan internal PTK Kemenanterian Agama merupakan lanjutan dari program Padamu Negeri yang dirilis di Kemendikbud sejak 20 Mei 2013 hingga Juni 2015 dan mulai 17 Agustus 2015 Kemenag mengembangkan secara mandiri layanan SIMPATIKA PTK online berbasis sistem SIAP Padamu Negeri bekerjasama  dengan PT. Telkom Indonesia.

“Melalui layanan SIMPATIKA Kementerian Agama mengembangkan beragam program kerja untuk kepentingan Kemenag meliputi Digitalisasi Portofolio PTK, Tunjangan PTK, Diklat PTK, Sertifikasi PTK, Pemetaan Mutu PR VerVAL NRG, VerVal Inpassing, NPK, Alih Tugas Tambahan,  Surat Keterangan Melaksanakan Tugas (SKMT) Online, dan program laiinnya” terangnya.

Darmansah menambahkan, proses transaksi pada layanan SIMPATIKA akan melibatkan secara berjenjang mulai dari individu PTK, Pimpinan Madrasah/ Sekolah, Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, hingga unit-unit Kemenag pusat dengan terpadu.

Plt Kakanwil Kemenagsu mengharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas dalam pengisisan data SIMPATIKA berbasis online bagi Guru Madrasah/RA.

578 DIBACA

Kakankemenag Tebing Tinggi Hadiri Pelantikan PPIH Sekaligus Meal Test

Tim Penilai KUA Teladan Kunjungi KUA Kecamatan Kerajaan

Siswa MAN 1 Deli Serdang Diminta Jaga Fasilitas Madrasah

22 Calhaj Karo Siap Tunaikan Ibadah Haji

Pj Gubsu pantau makanan yang akan disajikan bagi calhaj di Pesawat Garuda Indonesia, Rabu (11/7/18)