MTQ Nasional Momen Mengangkat dan Memajukan Syiar Islam

MTQ Nasional Momen Mengangkat dan Memajukan Syiar Islam

Medan (Inhum). Pelaksanaan MTQ Nasional XVII Tahun 2018 yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara tanggal   3 s.d. 13 Oktober 2018 diharapkan dapat mengangkat dan memajukan Syiar islam menuju “Insan Qurani”.

Demikian disampaikan Menteri Agama RI diwakili  Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Muhammadiyah Amin saat memberikan sambutan pada acara Launching MTQ Nasional XVII Tahun 2018 di Hotel Santika Dyandra Medan, Kamis 1 Juli 2018.

Dirjen Bimas Islam mengharapkan melalui momentum MTQN XVII ini dapat dijadikan angin segar bagi umat Islam untuk lebih giat dan gemar membaca, mempelajari, memahami, dan mengamalkan Alquran sebagai pedoman hidup dan menuntun manusia kepada perilaku yang baik dan benar.

Muhammadiyah Amin juga mengingatkan kepada panitia pusat dan daerah untuk mengintensifkan komunikasi dan koordinasi tidak hanya formal, tetapi informal dan personal. Pengalaman dalam setiap kegiatan berskala nasional, masalah dan kendala teknis yang kerap muncul di lapangan sebagain besar disebabkan buruknya koordinasi dan komunikasi di antara pihak-pihak yang terkait.

“Intensifkan pengendalian segala persiapan fisik maupun nonfisik, mulai dari sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan MTQ maupun persiapan kafilah peserta dari seluruh provinsi, dan dewan hakim harus “under control” secara menyeluruh dari hari ke hari,” ungkapnya.

Dirjen Bimas Islam menyampaikan, menyangkut anggaran penyelenggaraan MTQ Nasional XXVI Tahun 2018 penggunaan dananya harus transparan, akuntabel, tepat guna dan tepat sasaran, sehingga tidak menimbulkan kesulitan dalam pelaporan dan pertanggungjawabannya.

“Setiap daerah hraus berlomba untuk membina dan menampilkan potensi qari/qariah dan hafiz-hafizhah dari daerahnya masing-masing, jika ada praktik-praktik kecurangan dalam penilaian harus ditinggalkan karena bertentangan dengan tujuan dan kahikat MTQ Nasional itu sendiri,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Dirjen Bimas Islam memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan jajarannya atas kesiapannya menjadi tuan rumah MTQ Nasional XXVII Tahun 2018.

164 DIBACA

249 Calhaj Batu Bara di Tepung Tawari

ASN Kemenag Madina Kembali Torehkan Prestasi Terbaik

Materi Pertama MATSAMA Wiyata Mandala

MATSAMA Harus Mengedepankan Makna

Rapat Persiapan MTQ ke 46 Bersama Pemko Sibolga