Selasa, 4 September 2012, 10:30 – Bidang Haji & Umroh
Nomor Porsi 020008948 yang Boleh Melunasi Haji Tahap Kedua

Medan (HUKMAS & KUB). Yang boleh melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1433 H tahap kedua dari 3 sampai 7 September 2012 dengan Nomor Porsi 0200068948.

Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan tersebut, calon jama’ah tidak melaksanakan kewajibannya maka haknya untuk berangkat tahun ini gugur dan masuk waiting list atau daftar tunggu untuk tahun berikutnya.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Drs. H. Abd. Rahim, M. Hum di ruang kerjanya, Senin (3/9).

Untuk pelunasan BPIH Tahap kedua ini, jelas Kakanwil juga kepada calon jama’ah haji yang pernah berangkat haji dan nomor porsinya termasuk di batas porsi tersebut. Begitu juga kepada yang nomor porsinya di bawah 0200068502 atau nomor akhir pada pelunasan tahap pertama 31 Agustus lalu, karena belum dapat melunasi karena sistem.

Sebab, terangnya pada pelunasan tahap pertama yang berakhir pada 31 Agsutus lalu, hanya ditujukan kepada calon tamu Allah yang belum pernah menunaikan ibadah haji. Sedangkan yang pernah berangkat, tidak dapat melunasi ongkos hajinya, karena sistem pelunasan telah menentukan seperti itu.

Kakanwil Kemenagsu yang didampingi Kabid Haji, Zakat dan Wakaf Drs. H. Abd. Rahman Harahap, MA. dan H. Eri Nova, SE. menjelaskan, kepada calon jama’ah yang pernah berangkat haji dan tidak dapat melunasi sampai batas 31 Agsutus lalu karena sistem, maka pada pelunasan tahap kedua ini bisa segera melunasi BPIH nya.

7.708 Lunasi BPIH

Lebih lanjut, Kakanwil Kemenagsu menjelaskan, sampai 3 September 2012 pukul 16.00 WIB, jumlah jama’ah yang telah melunasi BPIH nya sebanyak 7.708 jama’ah haji dengan nilai tukar Rp. 9.633 per USD. Kepada calon Dhuyufurrahman yang telah melunasi BPIH nya, pesan Kakanwil, maka wajib segera melaporkan ke Kantor Kementerian Agama Kab/Kota setempat selambat – lambatnya tiga hari kerja dengan menyerahkan lembar bukti setor lunas BPIH tahun 1433 H/2012 M.

Lebih lanjut Kabid Hazawa Drs. Abd. Rahman Harahap, MA. mengatakan, sampai saat ini jumlah waiting list jama’ah haji Sumut sebanyak 71.413 jama’ah. “Dengan demikian daftar tunggu haji Sumut sudah sampai tahun 2020 nanti”, ungkapnya.

Disinggung tentang porsi tambahan untuk calon tamu Allah asal Sumut, Kabid Hazawa mengatakan, sampai saat ini belum ada jawaban dari Pemerintah Arab Saudi. Memang, jelasnya, Menteri Agama telah mengajukan permohonan kepada Arab Saudi untuk penambahan kuota sebanyak 30.000 jama’ah. Namun sampai saat ini belum mendapatkan jawaban.

Sedangkan kalau melihat pengalaman tahun sebelumnya, Indonesia mendapatkan tambahan kuota sebanyak 10.000 orang. “Begitupun diminta kepada calon jama’ah yang masuk waiting list untuk sabar”, pesan Harahap.

Lebih lanjut Abd. Rahman mengatakan, saat ini vaksin Meningitis telah disalurkan ke Kabupaten/Kota untuk disuntikkan kepada calon jama’ah haji sebelum berangkat ke tanah suci. Oleh karena itu, ungkapnya diminta kepada calon jama’ah haji untuk datang ke Dinas Kesehatan maupun Puskesmas terdekat untuk melaksanakan penyuntikan vaksin Meningitis dari Italia untuk kesehatan jama’ah tersebut.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, terang Harahap, Kelompok Terbang pertama Embarkasi Polonia Medan akan berangkat pada 21 September 2012. “Para calon tamu Allah Kloter I akan masuk asrama pada tanggal 20 September”, ujarnya. (A)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.057701 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1384032
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.