Kamis, 31 Januari 2013, 12:59 – Lain Lain
Mahasiswa IAIN SU Orasi Dalam Bahasa Asing di USM Penang

Medan (Hukmas & kUB). Muhammad Iqbal Setiawan mahasiswa Fakultas Syariah dan Ummi Kalsum Fakultas Tarbiyah IAIN SU menunjukkan kemampuan berorasi dalam bahasa Arab dan Inggris dalam kegiatan Special Cultural Show Pusat Bahasa dan Budaya IAIN Sumatera Utara di gedung Syed Putra Universiti Sains Malaysia, Sabtu (26/1) malam.Kepala Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) IAIN-SU, Dr. Phil Zainul Fuad MA kepada wartawan di ruang kerjanya Kampus II Jalan Willem Iskander, Selasa (29/1) menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kunjungan studi yang berupaya mempertunjukkan potensi dan kemampuan mahasiswa dalam berbagai bidang yang dimiliki.

Tahun ini, kata dia kami membawa kelompok penari dan pemenang Speech Contest IAIN-SU yang diselenggarakan baru-baru ini. Sedangkan pada tahun lalu kami juga membawa mahasiswa dalam kegiatan yang sama ke International Islamic University (IIUM) dan International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Untuk tahun ini kami kembangkan kegiatan ini dengan memperkuat misi dan kerjasama budaya dengan berbagai pihak diluar negeri. “Kami membawa mahasiswa IAIN-SU yang tergabung Sanggar Tari “Aneuk Nangroe” yang mempunyai kemampuan untuk dipertunjukkan ke dunia internasional,” ungkapnya.

Fuad menjelaskan, kegiatan ini juga didukung oleh pemerintah Nangroe Aceh melalui perwakilan di Sumatera Utara. Kerjasama budaya dengan Malaysia diharapkan akan membawa hubungan baik dan saling pemahaman antar kedua bangsa, kata Fuad.

Internasionalisasi

Pada bagian lain keterangannya, Fuad mengatakan bahwa IAIN-SU melalui Pusat Bahasa dan Budaya sangat konsern melakukan upaya internasionalisasi dengan berbagai kegiatan yang relevan.

Penguatan kemampuan berbahasa asing itu, terangnya melalui kursus, lomba pidato dan kontes debat terus dilakukan. “Dan bagi yang berprestasi dibawa studi banding keluar negeri untuk membuka cakrawala mereka mengenal perkembangan universitas-universitas di luar negeri,” katanya.

Director of International Office Universiti Sains Malaysia. Asc. Prof. Anees Janee Ali pada pertemuan itu, memberi apresiasi kepada PBB IAIN-SU yang telah melakukan lawatan ke USM Penang dengan kegiatan pertunjukkan budaya dan orasi dalam bahasa Arab dan Inggris. Selain itu, kegiatan ini juga sangat menarik perhatian banyak mahasiswa Malaysia dan asing yang ada di USM seperti dari Arab, Iran, Turki, Pakistan, India, China, dan dari negara-negara Barat.

Menurut Fuad, nuansa multikultural sangat kental dalam kegiatan tersebut. Oleh karenanya ke depan kegiatan ini akan terus diperluas dengan pengiriman mahasiswa ke negera-negara Timur Tengah dan Barat. “Kita akan perbanyak paspor mahasiswa dengan pengalaman luar negerinya,” kata Fuad. (A)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.052010 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1377643
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.