Minggu, 10 Maret 2013 – Lain Lain
USAID Prioritas Bermitra dengan Unimed dan IAIN

Medan, (Hukmas & KUB. USAID Prioritas, Jumat (8/3), resmi bermitra dengan LPTK Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara, dalam usaha peningkatan kapasitas guru dan dosen lewat pelatihan bagi guru pra dan dalam jabatan. Selain itu, USAID Prioritas juga sudah menyiapkan program untuk membantu kabupaten/kota dalm meningkatkan kualitas tata kelola dan manajemen pendidikan.Penyerahan MoU mitra kerja langsung dilakukan Konsul Amerika Serikat (AS) untuk Pulau Sumatera Kathryn A Crockart, Koordinator USAID untuk Sumatera Utara Agus Marwan, Rektor Unimed Prof Dr Ibnu Hajar Damanik, Rektor IAINSU Prof Dr Nur A Fadhil Lubis. Acara dihelat di Hotel Grand Angkasa Medan.

Kathryn A Crockart, dalam sambutannya mengatakan, meskipun pihaknya terus mengupayakan berbagai program pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya Sumatera Utara, namun, pihaknya menyadari kekuatan mereka terbatas. Pihaknya menyadari betul, seluruh program itu mustahil bisa dikerjakan sendiri oleh Prioritas. Karena itu dibutuhkan kerjasama dari berbagai pemangku kepentingan untuk turut serta berpartisi, melakukan program yang membangun pendidikan.

Itu sebabnya, kerjasama dengan Unimed dan IAINSU sebagai pintu gerbang memanjukan mutu generasi muda Sumatera Utara. Menambahkan penjelasan Kathryn, Agus Marwan memaparkan tiga komponen program mereka. Pertama, meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah melalui pelatihan guru pra dan dalam jabatan. Kedua, meningkatkan tata kelola dan manajemen pendidikan, meningkatkan koordinasi antar institusi pendidikan di tingkat nasional, provinsi, kabupaten hingga sekolah.

Menyikapi tawaran program USAID Prioritas, Rektor Unimed Ibnu Hajar Damanik, sangat apresiatif. Ia mengaminkan, lewat program seperti itu, akan tercetak guru-guru progresif-proaktif, yang kelak bekerja profesional membantu siswa khususnya anak SD untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

Usai Ibnu, dalam kesempatan yang diberikan kepadanya, Rektor IAIN Nur A Fadhil Lubis juga turut mengaminkan dan mendukung program USAID Prioritas. Alasannya, program-program USAID Prioritas bagus sebab difokuskan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sumatera Utara bahkan di Indonesia.

Bahkan, lanjutnya, tantangan abad 21, guru harus mampu merebut perhatian siswa yang cenderung telah disita oleh teknologi (gadget). “Jadi program ini strategis,” ujarnya, kemudian cepat-cepat dilanjutkannya, “karena mempertaruhkan masa depan bangsa. Program ini, pembelajaran yang baik bagi para guru dan dosen. Berharap ini jadi program unggulan yang dapat diseminasikan (ditularkan) di seluruh masyarakat pendidikan di Sumatera Utara dan di seluruh Nusantara.”

Sasaran program ini, kata Agus Marwan, meningkatkan mutu pendidikan yang menjangkau 20.000 guru yang kelak akan mempengaruhi 300.000 siswa. Dan USAID Prioritas sendiri tidak tanggung-tanggung dalam mengucurkan dana, hingga USD 83,7 juta. (anl)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.021486 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 778299
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.