Rabu, 10 April 2013, 23:12 –
Kecamatan Laguboti Juara Umum MTQN VIII Tobasa

Porsea (Hukmas & KUB). Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) VIII tahun 2013 tingkat Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) digelar 5-7 April 2013 di Masjid Raya Al-Hidayah Kecamatan Porsea. Tampil sebagai juara umum kontingen perwakilan Kecamatan Laguboti.

MTQ tersebut diikuti sebanyak 110 orang, dan cabang yang diperlombakan adalah cabang tilawah dewasa putra/i, tilawah remaja putra/i, tilawah anak-anak putra/i. Tartil anak-anak putra/i/ hifzil qur’an, bebas. Selanjutnya, fahmil Qur’an bebas. Hatil Qur’an cabang mushab putra/I, dan hatil quran cabang naskah putra/i. Keseluruhan kegiatan didukung oleh dewan hakim berjumlah 12 orang.

Ketua Panitia Akhmad Rahmad dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut menelan biaya sebesar Rp 52 juta rupiah.

Dia mengatakan, APBD Tobasa menampung anggaran tersebut sebesar Rp 30 juta. “Anggaran ini tidak sepenuhnya dikelola panitia, sebab, anggaran sebanyak Rp 30 juta tersebut terpaksa harus dibagi dua dengan LPTQ Tobasa untuk pengiriman kontingen ke tingkat provinsi,” kata Akhmad.

Akhmad menyampaikan rasa terimakasihnya, karena trophi bergilir yang diperebutkan adalah partisipasi dari Kapolres Tobasa dan diserahkan kepada kontingen Kecamatan Laguboti.Selain itu, sumbangan juga diterima dari Rimso Maruli Sinaga, Bank Sumut, Departemen Agama Tobasa, sponsor product serta partisipasi umat Islam di Kecamatan Porsea.

MTQN yang diawali dengan pelaksanaan pawai Ta’aruf dan diikuti sejumlah kontingen dari berbagai unsur organisasi di antaranya kafilah Orsospol, Kafilah perwiridan, Kafilah Badan Kenadziran Masjid (BKM), Lembaga keagamaan, sekolah di tiap tingkatan serta kontingen kecamatan se Toba Samosir dengan mendatangkan team Marching Band MIN Lumban Gurning dan Polres Tobasa.

Bupati Tobasa Pandapotan Simanjuntak dalam arahannya yang dibacakan Drs Rudolf Manurung mengatakan, MTQ adalah ajang pencarian bakat membaca ayat suci Alquran.

Selain juara umum yang diperoleh oleh kafilah Laguboti, juara 1 tilawah dewasa diperoleh Ustadz Habibi dari kafilah khusus TPL, juara 2 diraih Syahrin Nasution dari kafilah Parmaksian dan juara 3 diraih Ustadz Djamaluddin dari kafilah Porsea. Untuk juara 1 pawai Taaruf diraih Kafilah Perwiridan kaum ibu Porsea. Sementara untuk juara 1 cabang cerdas cermat juga diraih Group Kecamatan Porsea. (MB)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.048767 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1379681
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.