Jumat, 12 April 2013 –
Kanwil Kemenag Provsu Siap Diseminasikan Keberhasilan Program USAID PRIORITAS

Medan (Informasi & Humas).Kepala Seksi Kesiswaan Bidang Mapenda Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kanwil Kemenag Provsu) Dr Azizah Nasution menyatakan pihaknya siap mendiseminasikan praktik yang baik program USAID PRIORITAS ke banyak madrasah di Sumatera Utara. Hal itu disampaikan Azizah saat menutup training of trainers (ToT) Fasilitator Daerah Praktik yang Baik di Tingkat SMP/MTs Provsu di Siantar Hotel, Pematang Siantar, Senin (8/4).

Azizah menambahkan, pelatihan yang dilangsungkan selama tujuh hari itu (2-8 April 2013) mampu meningkatkan keterampilan tenaga pendidikan dalam mengembangkan pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) dan mengelola MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Azizah juga memuji desain pelatihan yang lebih menekankan kerja praktik, sehingga peserta terasah keterampilan teknisnya.

Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut, Agus Marwan mengapresiasi inisatif Kemenag Provsu mendesiminasikan praktik baik program USAID PRIORITAS. Agus Marwan mengatakan, program USAID PRIORITAS didesain guna membantu pemerintah Indonesia mewujudkan implementasi SNP (Standar Nasional Pendidikan). “Kami membantu mengimplementasikan standar proses sebagai bagian dari SNP. Melalui penguatan proses ini, pendidikan Indonesia akan semakin baik,” ujarnya.

Berhasil

Terkait desain dan sasaran pelatihan, Dr Sri Minda Murni, MS, peserta pelatihan dari Universitas Negeri Medan (Unimed) menilai pelatihan selama tujuh hari tersebut terbilang sukses. Ukurannya, kata Sri Minda, pertama, peserta berparstipasi aktif mengikuti semua sesi pelatihan tanpa ada perbedaan sekalipun peserta berasal dari latar belakang berbeda.

Kedua, peserta mampu mempraktikkan materi pelatihan dengan baik, karena pelatihan didesain praktikal. Bahkan di matanya, peserta sudah siap menjadi fasilitator yang baik bagi guru, pengawas, dan kepala sekolah lain.

Ketiga, terjalin sinergi antara LPTK, LPMP dan guru-guru, sehingga bisa saling memperkuat satu sama lain berdasarkan pengalaman masing-masing. “Uniknya,” kata Sri Minda, “pelatihan ini telah merubah cara kerja kita. Guru tadinya menguasai hal-hal yang bersifat teoritis dan berusaha memindahkan hal-hal yang bersifat teoritis itu kepada siswanya. sekarang tidak lagi,”

Kemudian dilanjutkannya, “Pengalaman ber-CTL mengajarkan kepada kita, pengetahuan teoritis guru harus dikelola menjadi pembelajaran yang bermakna agar si anak menemukan sendiri konsep pembelajaran itu.”

Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun senilai US$83,7 juta yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID), program ini didesain untuk membawa pendidikan kelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia. Di Provinsi Sumatera Utara Program ini akan menjangkau 208 sekolah dasar, sekolah menegah pertama dan madrasah, serta memberikan manfaat langsung kepada sekitar 50.000 siswa. (anl)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.041870 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1238170
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.