Selasa, 16 Juli 2013, 10:05 –
Memupuk Tali Silahturahim Antar Agama Melalui Buka Puasa Bersama

Medan, (Infomas). Sekitar ratusan masyarakat Helvetia Medan berbuka puasa bersama Yayasan Vijaya Kasih Indonesia (Vikasindo) Sumut di Pasar VI Helvetia, Desa Manunggal, Minggu (14/7) malam. Kegiatan tersebut diawali dengan ceramah dari Ustadz Edi Saputra itu dikemas secara sederhana namun memiliki makna kebersamaan.

Kabid PD Vikasindo Sumut, Herna Eugeniu yang didampingi Sekretaris, Yuvy Limbong mengatakan, pihaknya sebagai salah satu organisasi Buddhist tak hanya berkiprah serta melakukan kegiatan untuk agama Buddha saja, melainkan juga turut menjalin kebersamaan dengan agama lainnya.

“Melalui kegiatan buka puasa bersama ini, kami ingin meningkatkan serta memupuk kebersamaan dengan tidak membedakan suku, agama maupun ras. Meski berbeda agama, namun tetap saling menghormati dan menghargai agar dapat menjalankan hidup rukun antar sesama,” katanya kepada Analisa.

Lebih lanjut, aktivis muda Tionghoa, Hendy Ong yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, banyaknya masyarakat yang hadir dalam acara ini menunjukkan kebhinekaan dan pluralisme. Hal ini merupakan sebuah langkah yang sangat baik dalam mewujudkan kebersamaan dalam keberagaman yanga ada.

“Kita berasal dari umat yang bukan non muslim, tapi mau duduk bersama dalam acara ini. Hal inilah nilai yang luhur, karena di tengah-tengah perbedaan ada keindahan di dalamnya,” ungkapnya.

Agama yang Sejuk

Menurutnya, agama Islam adalah agama yang sejuk dan keindahannya bukan hanya dapat dirasakan umat Islam saja, melainkan juga agama lainnya. Ada sebuah benang merah di antara keduanya, di mana Buddha adalah agama yang mencerminkan cinta kasih, sedangkan Islam agama yang sejuk dan damai.

Sementara itu, Retno (45) warga Marendal yang ikut buka puasa bersama menambahkan, kegiatan ini pertama kali diadakan di desa tersebut dan berlangsung cukup meriah. Masyarakat pun berterimakasih dengan diadakannya buka puasa bersama, karena melalui kegiatan tersebut dapat dijadikan ajang silahturahim antar masyarakat.

Tampak hadir dalam acara itu, di antaranya pengurus Vikasindo Sumut, Agustina Lin, Sawitri SAg, Wasigen dan lainnya, Ketua Kelompok Tani Maju Bersama (KTMB), H Sueb serta wakil ketua KTMB, Udin Ali beserta segenap pengurus. (anl)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.035809 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 1254235
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.