Rabu, 17 Juli 2013, 08:46 –
Peradah Sumut Apresiasi Meningkatnya Kerjasama India dan Indonesia

Medan, (Infomas). Dewan Pimpinan Propinsi (DPP) Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dengan pertemuan yang dilaksanakan Konjen India di Grand Aston Hotel Medan, Selasa (16/7).

Pertemuan dengan tajuk ‘Diaspora Enggagement Meet’ ini, selain sangat strategis dalam percepatan pembangunan Sumut khususnya juga semakin memperkokoh peran penting warga keturunan India yang menetap di daerah ini.

Demikian disampaikan Ketua Peradah Sumut K Indra Gunawan usai pertemuan itu kepada wartawan di Medan, Selasa (16/7).

Pertemuan dihadiri pejabat penting seperti Konjen India di Medan Basir Ahmed, Gubsu H Gatot Pujonugroho, Secretary Ministry of Overseas Indian Affairs Goverment of India Rajiv Mehrishi, Ministry of Overseas India Affairs (MOIA), OIFC, CII dan pihak terkait lainnya.

Hanya akui Indonesia

Menurut Indra Gunawan, warga keturunan India di Sumut khususnya hanya mengakui bahwa Indonesia sebagai tanah air. Sedangkan India hanya memiliki hubungan emosional dan budaya yang sangat melekat.

“Itu makanya pertemuan ini diharapkan menjadi agenda penting mempererat hubungan India-Indonesia bidang ekonomi, pembangunan maupun budaya,” ungkap Indra.

Pada kesempatan itu, dia meminta kepada Gubsu untuk lebih memberikan perhatian kepada masyarakat keturunan India di Sumut terutama dalam pendidikan, kesehatan, kesenian, budaya dan lain sebagainya.

Perhatian ini sangat penting, ungkapnya karena kekayaan budaya India menjadi salah satu daya tarik sangat besar bagi turis asing untuk datang. Kekayaan budaya ini masih dipegang teguh warga keturunan India Sumut. Dan itu akan menjadi potensi besar dunia pariwisata.

Dia mencontohkan Malaysia dimana pemerintah memberikan perhatian besar kepada kebudayaan India, sehingga pada waktu tertentu Malaysia menjadi destinasi utama kunjungan turis mancanegara.

Pada kesempatan itu, Indra Gunawan juga mengharapkan kepada masyarakat keturunan India di Sumut untuk mempererat persatuan dan kesatuan baik dengan sesama warga keturunan India maupun dengan masyarakat dari berbagai suksu dan etnik lainnya. “Mari kita hapus rasa isme pada satu kelompok karena kita mengutamakan persatuan,” ungkapnya.

K Indra Gunawan juga berharap agar kerjasama dengan India ini dapat semakin meningkat. Karena itu, lanjut Indra DPP Peradah akan menjadikan hubungan erat itu akan terlihat pada Perayaan Deepavali Fair yang digelar Peradah bersama Dinas Pariwisata, KNPI serta pihak terkait lainnya setiap bulan Oktober. (anl)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.051562 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.54
Jumlah pengunjung: 1430997
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.